Hobi Belanja Online? Lakukan Ini agar Tak Kecewa

Oleh Fitriana Monica Sari pada 15 Feb 2019, 08:01 WIB
[Bintang] Belanja Online.

Liputan6.com, Jakarta - Tak dimungkiri, belanja via online saat ini telah menjadi gaya hidup, utamannya masyarakat di perkotaan, seperti Jakarta. Selain lebih praktis, belanja online juga lebih hemat karena hemat tenaga dan waktu serta biaya, ditambah lagi dengan pilihan harga dan barang bervariatif.

Cukup bermodalkan handphone dengan layanan internet, Anda pun sudah bisa memesan berbagai macam produk, mulai dari pakaian, makanan, keperluan rumah tangga, hingga transportasi, dan masih banyak lagi.

Karena jumlahnya ratusan bahkan ribuan, sering kali kita kesulitan memilih barang yang berkualitas dan tak jarang justru kecewa lantaran barang yang diharapkan tidak sesuai ekspektasi.

Lalu, bagaimana agar hobi belanja ini tetap bisa dilakukan tapi terhindar dari rasa kecewa? Ikuti tips berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Ingat, Tak Selamanya Tampilan yang Bagus Punya Kualitas Bagus Juga

Namanya juga online, maka produk yang dijual pun ditawarkan melalui bentuk foto yang diunggah dalam situs atau media sosial. Dengan teknik fotografi yang canggih, maka foto produk pun akan terlihat sangat menarik.

Untuk itu, jangan pernah hanya terkecoh ingin membeli produk karena gambarnya yang bagus. Anda tetap harus memerhatikan bahan atau material yang digunakan untuk menghasilkan produk tersebut.

Dengan demikian, Anda tidak akan dikecewakan begitu barang diterima. Jangan pernah melewatkan membaca deskripsi produk dan tanya langsung pada penjual jika ada hal-hal yang ingin diketahui namun tidak tercantum pada deskripsi produk.

 

 

2 of 4

2. Perhatikan Merek dan Harga Jual Barang yang Ditawarkan

Orang belanja online
Ilustrasi Orang belanja online (iStockPhoto)

Belanja via online terbilang cukup tricky mengingat merek yang tersedia cukup banyak dari yang belum memiliki merek terkenal hingga brand mahal. Jika Anda hendak membeli produk baru, pastikan Anda telah meakukan riset terhadap produk yang hendak dibeli.

Perhatikan harga jual produk dengan merek yang tertempel. Biasanya, produk yang branded, harga jualnya juga sesuai alias lebih mahal.

Jika ada produk yang dijual sangat murah namun memiliki merek terkenal, Anda perlu mewaspadainya. Sebab bisa jadi produk itu adalah palsu alias barang KW.

3. Baca Ulasan Produk yang Ada di Fitur E-Commerce

Biasanya, platform e-commerce dilengkapi dengan fitur review (ulasan) produk dari para pembelinya. Nah, Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengetahui kualitas barang yang ingin dibeli maupun pelayanan dari penjualnya, apakah respons dan pengirimannya cepat atau tidak.

Tentu saja, hal ini akan membantu dan membuat Anda terhindar dari belanja online yang mengecewakan. Karena biasanya pembeli akan dengan senang hati berbagi informasi dari produk yang telah mereka beli.

 

3 of 4

4. Ketahui Ukuran yang Sesuai dengan Kondisi Badan

[Bintang] Jadwal Sholat, Imsakiyah, dan Buka Puasa Hari ke-9, 25 Mei 2018
Ilustrasi belanja Lebaran di toko online. (iStockPhoto)

Nah, mengetahui ukuran badan sendiri penting diperhatikan dan berlaku bila Anda ingin membeli pakaian, sepatu, maupun aksesoris, dan lainnya. Dengan mengetahui ukuran diri sendiri, maka barang yang dibeli pun akan muat alias tidak kekecilan atau kebesaran.

Dan Anda pun tidak perlu repot-repot menukarkannya kembali. Terlebih lagi bila ternyata penjual tidak memberikan layanan penukaran produk. Bisa-bisa Anda malah merugi, bukan?

5. Pahami Bentuk Tubuh Anda

Memahami bentuk tubuh sendiri ini penting bila Anda ingin membeli pakaian dan semacamnya. Sebab, pakaian yang dikenakan para foto model itu belum tentu cocok bila Anda yang mengenakannya.

Ada banyak faktor yang membuat pakaian itu bisa cocok digunakan oleh pemakainya. Mulai dari bentuk tubuh, hingga tinggi badan.

Jangan sampai Anda sudah membeli baju yang kelihatannya bagus saat dipakai foto modelnya, ternyata tidak cocok atau malah kesempitan karena baju tersebut hanya muat dipakai orang dengan perawakan ramping.

 

4 of 4

6. Pilih Ukuran Berdasarkan Tabel Ukuran

Ilustrasi belanja Online
Ilustrasi belanja Online (iStockphoto)​

Jika Anda masih ragu untuk memilih ukuran pakaian, pastikan Anda telah memilih ukuran berdasarkan size chart. Di dalam size chart biasanya terdapat ukuran bahu, dada dan lingkar perut. Hal tersebut bertujuan untuk meyakinkan ukuran pakaian yang hendak Anda pilih.

Jadilah Konsumen yang Cerdas saat Belanja Online

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin belanja online agar tidak kecewa. Jeli dan teliti terhadap produk yang akan dibeli akan membuat Anda puas dengan produk yang dibeli secara daring itu. Oleh karena itu, jadilah konsumen cerdas saat belanja online.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by