Sukses

Ingin Kaya Raya saat Tua? Lakukan 3 Hal Ini

Kaya raya dan hidup enak saat tua tidak mustahil jika Anda ikuti tips berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Saat Anda sedang produktifnya bekerja, pensiun adalah hal yang belum Anda pikirkan sama sekali. Apa yang akan Anda lakukan setelah pensiun? Hidup mengerjakan hobi yang belum sempat dilakukan? Hidup kaya raya? 

Apapun rencana kegiatan Anda setelah pensiun, hal yang wajib Anda pikirkan sebelum itu adalah perencanaan keuangan. Bagaimana Anda akan hidup jika Anda tidak bekerja? Mengandalkan dana pensiun?

Lebih dari itu, sebenarnya Anda bisa merencanakan keuangan Anda saat ini juga untuk masa pensiun yang lebih baik. Bukankah menyenangkan jika masa pensiun diiringi dengan kegiatan yang Anda sukai -yang tentunya juga memerlukan uang?

Dilansir dari Banyan Hill Publishing, berikut hal yang perlu Anda lakukan agar bisa kaya raya saat masa pensiun nanti.

1. Gunakan budget manager

Mulai dari saat ini, gunakan budget manager untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran Anda. Budget manager dapat berupa aplikasi smartphone yang mudah Anda gunakan.

Cara kerjanya hampir sama saat Anda membuat laporan pemasukan dan pengeluaran biasa yang Anda tulis di buku kas.

Anda bisa melacak uang yang Anda dapat dan keluarkan, dengan catatan Anda harus rajin melaporkan belanja harian Anda. Dengan budget manager, Anda bisa mengetahui di bagian mana Anda melakukan overspending (belanja berlebihan), misalnya hiburan, makan di luar dan sebagainya.

Dengan begitu, uang Anda terkontrol dan Anda bisa menentukan tabungan pensiun Anda dengan pasti setiap periodenya. Kaya raya saat tua tidak mustahil lagi diraih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Jual barang tidak terpakai

Apa punya banyak lukisan yang tidak tahu harus dipajang dimana? Atau baju yang masih bagus namun sudah tidak sesuai dengan selera Anda? Jual saja barang-barang tersebut dan tabung hasilnya.

Misalnya, Anda menjual baju yang dibeli seharga Rp 300 ribu menjadi seharga Rp 150 ribu. Jika Anda punya 10 potong, Rp 1,5 juta sudah ada di tangan.

Anda juga bisa membuka usaha sampingan saat Anda mengerjakan pekerjaan utama Anda. Anda bisa membuka warung di rumah atau bisnis katering. Lumayan untuk menambah tabungan Anda, bukan?

3. Hati-hati dengan asuransi jaminan hari tua

Banyaknya asuransi yang memberikan benefit di hari tua memang menggiurkan, namun cek dulu, apakah betul asuransi tersebut terjamin dan terdaftar secara resmi? Jangan hanya karena iming-iming benefit yang besar, Anda tergiur dan justru kehilangan tabungan Anda.

Pastikan untuk menggunakan asuransi terpercaya. Atau jika Anda ragu, gunakan asuransi dari pemerintah seperti JHT dari BPJS. Lebih aman dan terpercaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Uang adalah alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya.

    Uang

  • Pensiun seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, ataupun atas permintaan sendiri.

    Pensiun

  • kaya

  • Tips Menabung

Video Terkini