Sukses

6 Trik untuk Menekan Bujet Pernikahan

Ingin menikah tapi hanya memiliki bujet minim? Berikut 6 tips yang harus Anda lakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Menikah memanglah tidak mudah dan murah. Diperlukan persiapan yang sangat matang untuk menghadapinya.

Bukan hanya mental, dan fisik saja, tapi uang juga harus dipersiapkan untuk menggelar acara besar ini.

Apakah Anda dan pasangan memiliki rencana menikah dalam waktu dekat, tapi tidak memiliki bujet yang besar untuk menghelat resepsi pernikahan yang megah? Jika iya, jangan takut.

Berikut adalah tips untuk menekan anggaran pernikahan yang dapat Anda lakukan, seperti dikutip dari laman greatist:

1. Buatlah Resepsi yang Sederhana

Jika Anda tidak memiliki bujet besar untuk mengadakan pesta pernikahan yang besar, lakukanlah dengan sesederhana mungkin. Hindarilah menggunakan wedding organizer.

Mintalah bantuan sahabat dan keluarga untuk menjadi panitia persiapan pernikahan Anda, dengan itu Anda dapat menghemat biaya dan menyalurkannya untuk pengeluaran yang lebih penting lainnya.

Selain itu, untuk membuat resepsi yang sederhana, batasilah tamu undangan yang akan Anda undang. Ini juga akan membantu Anda untuk mengurangi biaya catering yang akan anda keluarkan nantinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Jika Ingin Resepsi Pernikahan di Gedung, Hindarilah di Musim Nikah

Jika Anda berniat menggelar resepsi pernikahan di gedung, ada baiknya Anda untuk tidak melaksanakannya pada musim atau bulan-bulan saat orang-orang banyak menikah. Selain itu, jangan pilih bulan saat musim liburan karena itu akan mempengaruhi harga sewa gedungnya.

Jika Anda mau lebih hemat lagi, lakukanlah pernikahan Anda di gedung pernikahan yang kecil dan di hari biasa.

Selain murah, hal ini dapat membantu Anda menghemat biaya untuk mendecor, karana semakin kecil gedungnya maka semakin murah biaya decor yang akan dikeluarkan.

3. Pilihlah vendor catering yang satu paket dengan vendor untuk dekorasi

Berusahalah memilih vendor catering yang sama dengan vendor decor gedung pernikahan Anda. Namun jangan asal pilih, agar tidak tertipu dengan murahnya harga. Pilihlah vendor yang sudah terpercaya untuk decor dan cateringnya.

Usahakan melakukan test food sebelum memilih, agar Anda dapat mengetahui apakah makanan tersebut cocok atau tidak dengan keinginan Anda.

 

3 dari 3 halaman

4. Gunakanlah Undangan Digital

Selain menghemat uang, ini juga akan menghemat kertas agar tidak terbuang sia-sia. Tidak hanya itu saja, dengan undangan digital Anda dapat mengenang undangan tersebut seumur hidup karena itu tidak akan rusak kecuali Anda hapus.

5. Mintalah bantuan teman untuk mengabadikan pernikahan Anda

Seperti yang diketahui, memilih fotografer untuk mengabadikan momen pernikahan akan membuat Anda mengeluarkan bujet yang lebih banyak lagi. Untuk itu, mintalah bantuan sahabat Anda yang memiliki kemampuan dalam dunia fotografi karena hal ini akan membantu menekan bujet Anda.

6. Dibanding Membuat, maka menyewalah

Jika Anda berniat membuat atau menjahit gaun pernikahan, pikirkanlah kembali. Pikirkanlah untuk menyewa selain akan menekan bujet.

Hal ini akan membantu menghemat waktu serta energi Anda. Tidak hanya itu saja, gaun itu pun nantinya tidak akan menjadi sia-sia setelah hari pernikahan anda.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.