Kamu Pekerja Lepas? Simak Tips Dapat Gaji Sesuai Standar

Oleh Ayu Lestari Wahyu Puranidhi pada 04 Mar 2019, 08:40 WIB
Diperbarui 04 Mar 2019, 08:40 WIB
kerja keras bagai kuda 1
Perbesar
Ilustrasi./Copyright pexels.com

Liputan6.com, Jakarta - Mendapatkan upah atau gaji adalah hak semua orang yang bekerja. Dengan mendapat gaji, maka apa yang Anda kerjakan telah mendapat penghargaan dari perusahaan.

Meskipun bukan sebagai pegawai tetap atau mungkin Anda hanya sebagai pekerja lepas (freelance), namun Anda harus tetap memastikan bahwa gaji atau bayaran yang didapatkan telah sesuai dengan apa yang sudah dilakukan.

Namun sayangnya, dikutip dari Forbes, Senin (4/3/2019), sebanyak 46 persen pekerja lepas ternyata tak mendapatkan gaji atau penghasilan sesuai dengan apa yang mereka telah kerjakan.

Apakah Anda salah satu dari pekerja freelance? jika iya, apakah gaji yang Anda dapatkan sudah sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan?

Jika tidak maka Anda harus membicarakan lagi hal tersebut dengan atasan. Karena jika hal ini terus dibiarkan, ini sama saja membiarkan diri Anda untuk kerja rodi dan dilakukan semena-mena diperusahaan tersebut.

Mau tahu apa saja yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan gaji yang stabil dan sesuai saat menjadi pekerja lepas? Berikut tiga tipsnya:

2 dari 3 halaman

1.Jadilah Orang yang Sangat Dibutuhkan

pekerjaan infp
Perbesar
Ilustrasi./Copyright pexels.com/@mentatdgt-330508

Pastikanlah Anda menjadi orang yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan atau klien sehingga mereka tidak akan tidak menghargai kemampuan yang Anda miliki. Selain itu, buatlah hubungan kerja yang harmonis sehingga perusahaan tersebut tidak mencari pekerja lepas lainnya.

2. Patoklah Harga Tetap untuk Kemampuan yang Dimiliki

Buatlah harga tetap untuk perusahaan membayar hasil jerih payah yang telah Anda lakukan. Misal, jika Anda merupakan penulis maka buatlah harga pembayaran sesuai sebanyak tulisan yang telah Anda tulis.

Hal ini lebih baik dibanding jika Anda menghitung upah per jam, karena perusahaan tidak mau rugi jika ternyata Anda hanya dapat menyelesaikan sedikit artikel dalam jam yang telah ditentukan.

3. Lakukanlah yang Terbaik untuk Pekerjaan tersebut

Jika telah memiliki perusahaan yang ingin mempekerjakan Anda, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu 'melakukan yang terbaik' untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Meskipun Anda hanya freelance, namun tetap tunjukkan etika bekerja yang baik mungkin saja hal ini akan membuat Anda akan diangkat untuk menjadi salah satu karyawan di perusahaan tersebut.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by