Kenapa Milenial Wajib Dapatkan Literasi Keuangan?

Oleh Fitriana Monica Sari pada 19 Mar 2019, 09:01 WIB
ilustrasi generasi milenial

Liputan6.com, Jakarta - Nongkrong di seputaran kantor ketika pulang kerja atau di saat weekend adalah hal yang biasa dilakukan oleh generasi milenial sekarang ini.

Kesan ini tak bisa dipungkiri karena memang hal ini sudah melekat pada mereka. Sebenarnya, ini sah-sah saja. Namun, ada baiknya kalau mereka dapat literasi keuangan juga agar tak bermasalah keuangan kedepannya!

Apa keuntungan bagi kaum milenial untuk mendapatkan literasi keuangan sedini mungkin? Berikut keuntungannya, seperti yang dilansir oleh Swara Tunaiku.

1. Tidak Mudah Kena Tipu

Salah satu alasan kenapa milenial wajib mendapatkan literasi keuangan adalah agar mereka tak mudah kena tipu.

Sering dengar cerita tentang investasi bodong, kan? Nah, inilah yang salah satu hal yang bisa dihindari milenial kalau mendapat literasi keuangan. Selain itu, juga ada banyak penipuan lain yang bisa menimpa karena tak paham literasi keuangan ini.

2 of 4

2. Generasi Milenial Merupakan Penerus Bangsa

Ilustrasi Generasi Milenial (iStockphoto)
Generasi Milenial Tidak Menyadari Bahwa Masalah Kesehatan Tengah Mengintai Mereka Gara-gara Kebiasaan Buruk yang Mereka Kerjakan (Ilustrasi/iStockphoto)

Rata-rata penduduk Indonesia didominasi oleh usia produktif antara usia 15 hingga 39 tahun. Setidaknya, sekitar 84,75 juta jiwa di Indonesia dari 258 juta jiwa adalah usia produktif yang harusnya bisa membawa bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Namun, kalau kehidupan mereka sendiri boros, bagaimana dengan perekonomian bangsa Indonesia nantinya? Anda bisa membayangkan sendiri, kan bagaimana ke depannya?

Oleh sebab itu, pemahaman literasi keuangan ini harus dilakukan generasi milenial agar bisa menyelamatkan keuangan Indonesia kedepannya.

3. Persiapan Jangka Panjang

Jangan terlalu jauh ke urusan keuangan bangsa, deh! Coba lihat bagaimana kondisi keuangan Anda sendiri saat ini.

Kalau Anda masih boros, tak memerhatikan literasi keuangan dan enggan berinvestasi maka bukan tak mungkin masa depan Anda akan buruk. Sebab, Anda hanya memikirkan masa depan jangka pendek saja. Bukan jangka panjangnya.

3 of 4

4. Generasi Milenial adalah Generasi yang Cerdas dan Kreatif

Generasi milenial
Ilustrasi meeting startup generasi milenial (iStockphoto)

Perlu Anda tahu bahwa generasi milenial itu sebenarnya adalah generasi yang cerdas dan kreatif. Anda masih memiliki banyak waktu, kesempatan, dan energi untuk terus berkembang serta berinovasi.

Namun, agar bisa maju tentunya Anda harus bisa manfaatkan poin-poin tersebut lebih dulu. Sebagai awalan, Anda bisa contoh orang-orang yang berhasil di masa mudanya.

5. Banyak Pengeluaran Tak Terduga

Alasan lain kenapa Anda harus paham tentang literasi keuangan adalah agar Anda bisa menghindari berbagai pengeluaran tak terduga.

Walaupun tak bisa dihindari, Anda bisa melakukan hal yang berguna untuk mengurangi pengeluaran tersebut. Misalnya dengan ikut asuransi.

Tak ada yang bisa menjamin Anda tetap sehat dan kendaraan atau rumah Anda selalu aman-aman saja, kan? Dengan adanya asuransi ini, Anda bisa meng-cover berbagai hal tak terduga yang melibatkannya sehingga tak perlu banyak keluarkan dana tak terduga.

4 of 4

6. Investasi Tak Butuh Modal Banyak

Merencanakan Dana Pendidikan Anak Semudah Menggenggam Smartphone
Ilustrasi investasi.

Perlu Anda ketahui, ketika mau investasi, sebenarnya Anda tak butuh uang yang banyak. Anda bisa mulai investasi dengan modal yang kecil tergantung investasi yang Anda pilih. Investasi ini pada akhirnya bisa membantu keuangan Anda ke depan agar jadi lebih baik.

7. Zaman Semakin Maju dan Berkembang

Zaman tak pernah mundur. Begitu juga dengan teknologi dan informasi. Oleh sebab itu, Anda harus bisa memanfaatkan semua itu termasuk untuk bidang keuangan. Tak mau, kan? Tertinggal dan tenggelam oleh kemajuan zaman karena Anda tak tertarik belajar literasi keuangan?

Meski generasi milenial cenderung bersifat boros, sebenarnya asal mereka paham dengan yang namanya literasi keuangan, mereka juga bisa lebih maju. Mereka bisa mulai usaha apa saja yang mereka sukai untuk memperbaiki keuangannya.

Lanjutkan Membaca ↓