Sukses

Tol Trans Jawa Ruas Pasuruan-Probolinggo Siap Operasi

Tol Trans Jawa akan menambah ruas jalan yang beroperasi.

Liputan6.com, Jakarta - Jalan Tol Trans Jawa yang beroperasi akan segera bertambah dengan selesainya Tol Pasuruan - Probolinggo (Paspro) sepanjang 31,3 km. Tambahan rute baru tersebut saat ini tengah dilakukan uji laik fungsi sebelum bisa dibuka untuk publik.

Sebelumnya Tol Paspro sempat dibuka secara fungsional untuk mendukung kelancaran arus mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 kemarin.

Dalam kasus ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, ruas Tol Trans Jawa yang akan dioperasikan tak serta merta harus diresmikan terlebih dahulu.

"Tidak harus menunggu diresmikan. Pengoperasian tol bisa dilakukan sehingga bisa segera digunakan masyarakat. Seperti Tol di Medan juga ada Seksi I sudah diresmikan, maka Seksi II-nya sudah tinggal langsung pakai dan tidak perlu seremonial lagi," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Minggu (10/2/2019).

Menteri Basuki menyatakan, dengan beroperasinya Tol Paspro ini akan memangkas waktu perjalanan dari Pasuruan ke Probolinggo secara signifikan, dari sebelumnya 2,5 jam menjadi 30 menit.

"Dengan konektivitas yang lebih baik maka akan membuka peluang bangkitnya potensi di daerah yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal," sambung dia.

Selanjutnya, ia menuturkan, pemerintah bakal fokus menuntaskan Tol Trans Jawa hingga sampai Banyuwangi. "Kalau pembebasan lahannya bisa selesai, mudah-mudahan 2020 akhir bisa selesai sampai Banyuwangi," ucap Basuki.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembangunan Relatif Lancar

Sementara itu, Direktur Utama PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol Dwi Pratikno menambahkan, pembangunan tol ini relatif cukup lancar. "Tol Paspro dimulai dari seksi I Grati Pasuruan-Tongas, Seksi II Tongas-Probolinggo Barat dan Seksi III Probolinggo Barat-Probolinggo Timur, dengan panjang keseluruhan adalah 31,3 Km," jelasnya.

Dwi menyampaikan, total investasi Tol Paspro ini senilai Rp 4,6 triliun untuk tiga seksi dengan hak konsesi selama 50 tahun. Dia melanjutkan, ruas tol ini memiliki empat buah rest area tipe B, dimana masing-masing terletak dua di jalur kiri dan kanan.

"Lahan yang disiapkan hampir empat hektar untuk masing - masing rest area. Rest area tipe B ini tidak ada SPBU nya. Jarak antar rest area adalah 7,5 kilometer," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini