Sukses

Kementerian BUMN Hadirkan Festival Terampil Bagi Anak Muda

Festival Terampil, wadah bagi anak muda Indonesia dalam belajar dan berkarya secara kreatif.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus berusaha mendorong pemuda-pemudi Indonesia untuk selalu kreatif dan terampil.

Oleh karena itu, Kementerian BUMN melalui spirit of millenials BUMN berkolaborasi dengan Inisiator Indonesia menghadirkan Festival Terampil pada Sabtu, (9/2/2019) di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta.

Festival Terampil merupakan wadah bagi anak-anak muda Indonesia untuk menggapai impian mereka melalui pembelajaran, pelatihan, dan perluasan jaringan pertemanan atau rekanan usaha.

Kegiatan ini dibagi menjadi lima kelas praktik yang dipandu langsung oleh ahlinya dan mengadopsi keterampilan populer masa kini seperti fashion, bisnis digital, membuat kopi serta make up.

Menteri BUMN Rini Soemarno turut mengapresiasi hadirnya acara ini. Menurut dia, kegiatan seperti inilah yang dapat membuat anak muda membawa nama Indonesia semakin lebih baik.

"Dengan adanya festival keterampilan yang menghadirkan mentor-mentor ternama ini, diharapkan wawasan-wawasan generasi muda dapat semakin luas. Ditambah lagi didorong dengan perluasan jaringan pertemanan," ujar Rini seperti dikutip dari keterangan tertulis.

"Dengan begitu, ke depan isa membawa Indonesia semakin lebih baik lagi dan berkontribusi bagi kemajuan perekonomian bangsa," ia menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beragam tokoh terkenal jadi pemateri di Festival Terampil

Para pemateri yang hadir merupakan orang-orang sukses yang membangun bisnisnya, antara lain; Achmad Zaky beserta Tim Bukalapak untuk kelas bisnis digital; Rendha Rais, Ayudia & Dittopercussion untuk kelas fotografi.

Selain itu, adaRyan Ogilvy dan Dennish Tjandra dari Hello Beauty untuk kelas make-up; Alva Susilo & Khairiyyah Sari untuk kelas fashion; serta Evani Jesslyn untuk kelas kopi. Festival ini ditutup dengan penampilan hiburan musik dan band HiVi.

Spirit of Millenials BUMN merupakan gerakan yang dicanangkan oleh Rini sejak Hari Sumpah Pemuda 2018 di Bontang, Kalimantan Timur.

Spirit of Millenials BUMN diharapkan dapat mewadahi generasi millenial untuk berkaya dengan semangat kreativitas, kebersamaan, kerja keras, sportivitas dan aktivitas sosial sehingga mereka dapat terdorong menjadi aktor utama perubahan yang positif bagi masyarakat.

Sementara itu, Inisiator Indonesia merupakan organisasi percepatan menuju Indonesia yang maju mulai dari perubahan perilaku, sikap, pola pikir, budaya serta keterampilan generasi muda. Organisasi ini bertujuan memicu anak-anak muda dari seluruh pelosok Indonesia untuk menjadi inisiator perubahan.

 

3 dari 3 halaman

Mengapa Festival Terampil penting diadakan?

Berdasarkan data proyeksi penduduk dari BAPPENAS, BPS dan UNFPA, pada tahun 2045 penduduk dengan rentang usia 18 hingga 35 tahun diprediksi akan terus meningkat mencapai 66 persen total jumlah peduduk Indonesia. Sementara, rasio ketergantungan diprediksi menurun dari 46,33 menjadi 45,56 pada 2020.

Dari perspektif demografis, penduduk muda di Indonesia berfungsi sebagai penggerak perekonomian, karena anak muda Indonesia merupakan usia produktif yang mampu melakukan kegiatan ekonomi untuk bangsa.

Menurut proyeksi PBB, dua pertiga populasi Indonesia akan tinggal di daerah perkotaan pada tahun 2050. Hal ini terjadi karena angkatan kerja lebih produktif dan akan memilih tinggal di kota untuk pekerjaan yang lebih baik.

Sebelumnya, persentase penduduk yang tinggal di kota pada tahun 1995 sebesar 36 persen, kemudian dalam 15 tahun terakhir naik menjadi 54 persen, dan diprediksikan pada tahun 2050 penduduk di perkotaan Indonesia akan menjadi 67 persen.

Selebihnya data Bank Dunia menyatakan negara sebaiknya segera menempatkan investasi pada Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya di sektor pendidikan.

Hal ini dilakukan demi menyikapi perkembangan teknologi digital yang kian pesat dan mempengaruhi pasar tenaga kerja. Teknologi digital memunculkan media sosial yang menawarkan lapangan kerja baru, menyambut gaya hidup baru, dan menjadikan peluang promosi maupun pemasaran keterampilan diri lebih beragam serta kreatif.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.