Sambut Libur Imlek, Pergerakan Penumpang dan Pesawat Turun di Bandara Soetta

Oleh Pramita Tristiawati pada 06 Feb 2019, 18:12 WIB
(Foto: Liputan6.com/Pramita T)

Liputan6.com, Jakarta - Libur Tahun Baru Imlek, pergerakan penumpang di Bandara Soekarno Hatta (Bandara Soetta) turun hingga 1 persen. 

Dari data yang diperoleh melalui Humas Bandara Soekarno Hatta, periode libur tahun baru Imlek pada H-3 mulai 2-4 Februari 2019, tercatat 475.851 pergerakan penumpang. Sedangkan pada periode sama 2018, tercatat 481.741 pergerakan penumpang, baik itu kedatangan maupun keberangkatan.

Begitupun dengan pergerakan pesawat, pada 2019 tercatat 3.255 penerbangan baik domestik maupun internasional. Sedangkan 2018 tercatat 3.664 penerbangan. Keduanya, baik itu pergerakan penumpang dan pesawat turun kurang lebih satu persen dari tahun sebelumnya.

"Penurunan kemungkinan terjadi akibat, banyaknya alternatif akses untuk liburan," kata Senior Manager Of Branch Communication and Legal, Febri Toga Simatupang, Rabu (6/2/2019).

Sedangkan, untuk destinasi liburan lokal masih diminati yakni daerah Yogyakarta, Bali dan Makassar. Sedangkan luar negeri, Korea Selatan dan Jepang masih menjadi primadona. 

Dalam mendukung pelayanan, pihak Bandara Soekarno Hatta (Bandara Soetta) pun memastikan adanya koordinasi aktif antara berbagai pihak terkait dengan informasi terkini soal penerbangan. Baik itu faktor curah hujan ataupun kendala teknis dalam proses penerbangan.

"Kita juga minta adanya peningkatan koordinasi supaya penumpang dapat nyaman dan aman dengan layanan yang diberikan dari pihak maskapai ataupun pengelola bandara," kata dia. (Pramita Tristiawati) 

 

 

2 of 2

Rayakan Imlek, Pagoda Setinggi 10 Meter Sambut Penumpang Bandara Soetta

Pagoda setinggi 10 meter di Bandara Soekarno Hatta. Liputan6.com/Pramita
Pagoda setinggi 10 meter di Bandara Soekarno Hatta. Liputan6.com/Pramita

Sebelumnya, bentuk perayaan Tahun Baru Imlek 2570 atau 2019, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng bersolek dengan berbagai ornamen khas Imlek.

Mulai dari menara Pagoda setinggi 10 meter hingga badut panda yang menggemaskan berkeliling di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Adapula pertunjukan Barongsai Tonggak, photobooth serta live music khas China.

Sementara Menara Pagoda setinggi 10 meter berada di area check in Terminal 3. Kemeriahan serupa juga berlangsung di Terminal 2.

"Sama seperti di Terminal 3, ada live music oriental juga, atraksi barongasai, pembagian cenderamata di Terminal 1 dan 2," ujar Febri Toga Simatupang, Senior Manager Of Branch Communication and Legal, PT Angkasa Pura II (Persero), Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa 5 Februari 2019.

Pagoda yang berwarna merah dan kuning tersebut kian cantik karena dilengkapi lampion dan tak lupa juga ikon babi yang menandakan shio Tahun Baru Imlek 2019.

"Suasana Imlek di Bandara Internasional Soekarno-Hatta mulai terasa sejak sepekan terakhir ini. Pernak-pernik Imlek yang penuh dengan kreatifitas memang memberikan suasana hangat bagi keluarga untuk berlibur bersama," tutur Febri.

Pertunjukan tersebut bukanlah yang pertama kali digelar. Seperti diketahui, PT Angkasa Pura II (Persero) selalu merayakannya setiap tahun baru Imlek dengan kemeriahan.

"Keindahan ornamen yang terpasang di Bandara Soekarno-Hatta ini sebagai komitmen kami yang selalu memberikan hiburan yang meriah agar pengguna jasa tidak kehilangan momentum libur Imlek,” kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by