10 Sengketa Perceraian Termahal Para Miliarder Dunia

Oleh Athika Rahma pada 08 Feb 2019, 07:20 WIB
Ilustrasi

Liputan6.com, New York - Menikah dengan miliarder, mungkin bayangan yang muncul di benak Anda ialah hidup mewah, tidak perlu bekerja dan akan sering menikmati liburan bersama dengan pasangan.

Namun, ketika suatu hal yang tidak diinginkan terjadi, Anda dan pasangan bisa saja harus berpisah. Seperti yang terjadi dengan beberapa pasangan miliarder ini, yang mau tak mau harus berpisah dan membagi total kekayaan mereka.

Siapa sajakah mereka? Berikut 10 miliarder dengan perceraian 'termahal' di dunia dilansir dari CNBC, Rabu (6/2/2019):

1. Jeff & MacKenzie Bezos

Kabar perceraian dari dua bos perusahaan raksasa Amazon ini belum lama muncul ke permukaan. Publik yang penasaran mencari tahu bagaimana mereka membagi kekayaan mereka setelah berpisah.

Kabarnya, miliarder ini harus membayar 5 persen dari total kekayaan yang dimilikinya, terutama dari bisnis besarnya, kira-kira sekitar USD 6,8 triliun atau sekitar Rp 94.700 triliun

Namun menurut situs gosip seperti TMZ, mereka tidak memiliki perjanjian pranikah termasuk membahas pembagian uang setelah bercerai. Oleh karenanya, mungkin saja MacKenzie dapat menerima 10 kali lipat lebih banyak dari yang seharusnya ia terima.

 

2 of 4

2. Alec dan Jocelyn Wildenstein

Ilustrasi Sidang Cerai
Ilustrasi pelepasan cincin pernikahan.

Pengusaha di bidang seni Alec Wildenstein dan istrinya, sosialita New York, Jocelyn Wildenstein bercerai pada tahun 1999. Jocelyn menerima sekitar USD 2,5 triliun atau sekitar Rp 34.800 triliun dan nafkah per tahun sebesar UDS 100 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun selama 13 tahun.

Dengan jumlah yang fantastis tersebut, Jocelyn disarankan untuk tidak menggunakan uangnya untuk operasi plastik. Jocelyn memang dikenal sangat mencintai operasi plastik dan membuat beberapa perubahan pada wajahnya.

3. Rupert Murdoch dan Anna 

Pebisnis media penting Rupert Murdoch bercerai dengan istrinya, Anna (Murdoch) Mann setelah 32 tahun menikah pada 1999. Dalam surat perjanjian pranikah, Anna berhak menerima USD 1,7 triliun atau sekitar Rp 23,6 triliun serta USD 110 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun dalam bentuk uang tunai.

4. Bernie dan Slavica Ecclestone

Bernie Ecclestone, bos Formula One Group, harus memberi mantan istrinya, Slavica Ecclestone yang merupakan model asal Croatia USD 1 triliun atau sekitar Rp 13,9 triliun setelah mereka bercerai pada 2009.

 

3 of 4

5. Harold Hamm dan Sue Ann Arnall

Miliarder
Ilustrasi kaya. /Copyright pexels.com/@mentatdgt-330508

CEO Harold Hamm dan istrinya, Sue Ann Arnall bercerai setelah 24 tahun menikah. Pada 2014, Harold Hamm diharuskan membayar USD 974,8 juta atau sekitar Rp 13,5 triliun untuk mantan istrinya -kabarnya, ia meminta uang tunai. Bisa dibayangkan sendiri jumlahnya.

6. Adnan dan Soraya Khashoggi

Pengusaha Arab Saudi, Adnan Khashoggi bercerai dengan Soraya Khashoggi pada 1974. Soraya menerima USD 874 juta atau sekitar Rp 12 triliun pada 1982. Namun, Soraya mengklaim bahwa dirinya tidak pernah menerima sepeserpun uang perceraian dari Adnan dan hidup sederhana di London sekarang.

7. Steven dan Elaine Wynn

Steven Wynn yang bercerai dengan Elaine Wynn pada 2010 dikabarkan harus membayar sebesar USD 741 juta atau sekitar Rp 10,3 triliun pada saham Wynn Resorts, yang mana nantinya perusahaan tersebut dikelola oleh Elaine sendiri.

 

4 of 4

8. Dmitry Rybolovlev and Elena Rybolovleva

Demi Buktikan Siapa Paling Kaya, Pria-Pria Ini Bakar Uang
Ilustrasi Membakar Uang (pixabay.com)

Miliarder Rusia Dmitry Rybolovlev dan istrinya, Elena Rybolovleva, sosialita Rusia bercerai setelah 26 tahun menikah pada 2008. Enam tahun kemudian, Dmitry diharuskan membayar USD 4,8 miliar oleh pengadilan Swiss. 

Namun, pengadilan menarik kembali putusannya dan Dmitry hanya diharuskan membayar Elena sebesar USD 604 juta atau sekitar Rp 8,4 triliun saja.

9. Craig dan Wendy McCaw

Pemimpin McCaw Cellular and Clearwire Corp, Craig McCaw bercerai dengan istrinya, Wendy, setelah menjual McCaw Celluar kepada AT&T sekitar USD 11 miliar- USD 12 miliar. Craig diwajibkan membayar USD 460 juta atau sekitar Rp 6,4 triliun kepada Wendi dalam bentuk saham Nextel.

10. Mel dan Robyn Gibson

Aktor Mel Gibson dikabarkan memberi kekayaan senilai USD 425 juta atau sekitar Rp 5,9 triliun kepada mantan istrinya, Robyn, setelah mereka memutuskan berpisah. Saat ini, Mel memiliki setengah dari kekayaan Gibson termasuk pendapatan dari film-filmnya.

Lanjutkan Membaca ↓