Sukses

3 Tips Mengatur Keuangan bagi Pengantin Baru

Bagi pengantin baru, mengatur keuangan bersama tentulah tidak mudah. Berikut adalah tiga tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta - Mengelola keuangan diri sendiri saja terkadang begitu terasa sulit, apalagi mengelola uang sebagai pasangan. Menggabungkan dua pendapatan, dan pengeluaran menjadi satu kesatuan tentulah tidak mudah. Dibutuhkan penyesuaian, keterbukaan serta kejujuran untuk menjalaninya.

Apakah Anda merupakan pasangan pengantin baru? Mau tahu apa saja yang dibutuhkan agar mudah mengatur keuangan bersama?

Berikut adalah tiga tips yang harus Anda lakukan:

1. Komunikasi yang Jujur

Mulailah untuk mengkomunikasikan tentang keuangan kepada pasangan Anda saat ini. Terbukalah tentang keuangan Anda selama ini, seperti utang-utang apa yang Anda miliki, kebiasaan pengeluaran pribadi, pinjaman aktif, serta harapan finansial yang Anda miliki untuk masa depan.

Jangan rahasiakan apapun kepada pasangan Anda. Karena jika Anda merahasiakan masalah keuangan yang serius, dikhawatirkan suatu saat akan terbongkar dan itu akan menjadi masalah yang sangat besar bagi hubungan rumah tangga Anda.

Hanya dengan begitu Anda dapat memulai menggabungkan tujuan bersama Anda dengan pasangan. Selain itu, keterbukaan akan membuat pernikahan serta keuangan Anda akan jauh lebih baik lagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Hindari Pertengkaran

Terkadang disaat memiliki perbedaan pendapat dengan pasangan, ini akan menjadi masalah. Tidak jarang, jika pasangan wanita memiliki pendapatan yang lebih besar dibanding prianya, mereka akan malu dan menjadi permulaan masalah. Tapi hal tersebut tidaklah harus menjadi sebuah masalah.

Bukan masalah besar jika Anda menghasilkan uang lebih banyak dari pasangan Anda, atau sebaliknya. Anda dan pasangan merupakan sebuah tim. Anda berdua membutuhkan daftar pengeluaran untuk memiliki kehidupan yang nyaman, jadi ingatlah jangan jadikan perbedaan ini sebagai sebuah awal permasalahan dalam pernikahan Anda.

3. Berilah Sedikit Kebebasan

Saat menikah, cobalah untuk memberi sedikit kebebasan finasial bagi pasangan Anda karena mungkin saja Anda memiliki kepribadian yang sangat berbeda dengan pasangan. Anda dapat memiliki akun bank sendiri, namun tetap transparan dan terbuka tentang apa yang sedang Anda lakukan atau ingin Anda lakukan dengan uang Anda.

Pada akhirnya, tidak setiap pasangan akan merasa cocok untuk menggabungkan uang mereka bersama, namun hal tersebut tidak apa.

Jangan sekali-kali mencoba untuk mengendalikan satu sama lain tetapi tetap terbuka dalam berkomunikasi. Ini akan membuat Anda masih dapat saling membantu dan mendiskusikan berbagai hal tanpa perlu bertengkar serta menyembunyikan rahasia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini