Sukses

Sehari Jelang Imlek, Penjualan Cemilan di Pasar Petak Sembilan Turun

Angka penjualan tertinggi saat Imlek terjadi sekitar dua pekan sebelum hari raya berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Imlek 2019 turut menjadi berkah penjual makanan ringan (snack) di Pasar Petak Sembilan, Glodok, Jakarta. Meski demikian, beberapa pedagang menyatakan terjadi penurunan omzet atau penjualan beberapa hari jelang perayaan yang jatuh pada 5 Februari 2019.

Seperti yang diungkapkan Nini (25), pengelola keuangan yang juga anak pemilik Toko Kuh Koh yang terletak di dalam Pasar Petak Sembilan. Angka penjualan tertinggi saat Imlek terjadi sekitar dua pekan sebelum hari raya berlangsung.

"Puncak keramaian pembeli biasanya ada pas seminggu-dua minggu sebelum Imlek. Sehari sebelum Imlek sisa-sisa doang," ucap dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Pasar Petak Sembilan, Jakarta, Senin (4/2/2019).

Nini mengaku, pendapatan saat hari puncak bisa menyentuh Rp 70 juta. "Omzet hari puncak kisarannya antara Rp 50-70 juta," sebutnya.

Dia menyampaikan, kacang mede kiloan merupakan komoditas favorit pembeli dalam perayaan Imlek kali ini. Secara harga jual, ia mematok angka Rp 300 ribu dengan opsi tawar.

"Per kg antara Rp 200 ribu-Rp 300 ribu. Kalau nawar bisa dapat pengurangan Rp 20 ribu per kg. Lebih banyak beli lebih bisa nawar harga," kata dia.

Pedagang lain Yoseph (20) menuturkan, kehadiran Imlek tiap tahun pasti membawa berkah peningkatan transaksi kuliner cemilan khas hari besar umat keturunan Tionghoa tersebut.

"Setiap Imlek pasti bakal meningkat. Biarpun omzet meningkatnya enggak banyak, pasti tiap tahun meningkat. Kacangmede paling favorit. Kedua, sumpia," tutur dia.

Namun begitu, ia melanjutkan, kegiatan transaksi telah berkurang sejak dua hari lalu. "(Transaksi) 21 hari sebelum Imlek udah pasti naik. Tiga hari sebelum Imlek biasa turun," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjualan Pernik-pernik Imlek di Pasar Petak Sembilan Glodok Lesu

Penjualan pernak pernik Imlek 2019 pada Tahun Babi ini terpantau lesu dibanding perayaan-perayaan sebelumnya. Hal itu dikeluhkan para pedagang aksesori khas perayaan Imlek di Pasar Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat.

"Shio Babi amsyong. Yang (tahun) kemarin lumayan, anjing. Sekarang orang-orang lagi pada demam, demam kantong, demam duit," keluh Musdahlia (28), pedagang di Pasar Petak Sembilan, kepada Liputan6.com, Senin (4/2/2019).

Musdahlia mengaku, keuntungan bersih yang didapatkannya pada perayaan Imlek tahun ini bisa berkurang hingga tiga sampai empat kali lipat dibanding 2018 kemarin. Pendapatan yang tak bagus itu pun disebutkan berkisar Rp 1 juta per hari.

"Sekarang sehari bersihnya cuman dapat Rp 1 juta. Kalau lagi bagus, enggak amsyong, bisa sampai Rp 3-Rp 4 juta (per hari)," jelas dia.

Adapun wanita bertubuh gempal ini coba menjajakan berbagai cendera mata khas Imlek di tendanya, seperti lampion dan hiasan gantungan. Kisaran harganya pun bervariatif, mulai dari Rp 150-300 ribu dengan opsi tawar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini