6 Trik Sukses Berbisnis Penginapan

Oleh Fitriana Monica Sari pada 07 Feb 2019, 19:00 WIB
Diperbarui 07 Feb 2019, 19:00 WIB
Ilustrasi Kamar Hotel
Perbesar
Ilustrasi kamar hotel. (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Terjun ke dunia bisnis di usia muda tentu bukan hal yang asing lagi. Saat ini ada banyak jenis bisnis yang bisa dirintis dengan mudah, bahkan bari Anda yang masih berusia muda sekalipun.

Hal itu tentu harus disesuaikan dengan kondisi finansial yang dimiliki, mengingat bisnis ini pada umumnya akan membutuhkan sejumlah modal awal yang cukup besar.

Ada banyak jenis bisnis yang bisa dijadikan sebagai pilihan, salah satunya bisnis penginapan yang belakangan ini cukup banyak diminati. Permintaan akan fasilitas penginapan yang semakin tinggi tentu akan menjadi angin segar bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis satu ini.

Tak masalah jika ini akan menjadi bisnis pertama Anda, selama menjalankannya dengan terencana sejak awal, maka bukan hal mustahil bisa meraih kesuksesan. Berikut trik jitu agar sukses berbisnis penginapan, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pilih Lokasi dan Tentukan Target Pasar dengan Tepat

Di mana Anda akan mendirikan bisnis dan siapa yang menjadi targetnya? Kedua hal ini menjadi pertanyaan yang harus dipikirkan dengan baik.

Bisnis yang sukses tentu harus memiliki konsumen yang tepat, sehingga bisnis bisa berjalan dengan lancar dan produktif. Pilih lokasi penginapan yang tepat dan tentukan target konsumen yang akan disasar di sana.

Misalnya, jika Anda berada di kawasan wisata, maka penginapan itu tentu bisa menyasar para wisatawan yang datang berkunjung wilayah tersebut.

Sebaliknya, jika ternyata memilih lokasi penginapan yang berada di sekitar perkantoran atau bahkan kampus, maka Anda bisa menyasar para karyawan kantoran dan mahasiswa sebagai penghuni penginapan bulanan yang kamu sediakan.

2 dari 4 halaman

2. Jangan Malas Melakukan Riset Pasar

Akses internet lewat smartphone
Perbesar
Menurut riset UCWeb, kebanyakan orang Indonesia mengonsumsi data hingga 500 MB (Ilustrasi)

Sama halnya dengan jenis bisnis yang lain, untuk mengawali bisnis penginapan ini juga Anda wajib melakukan riset pasar. Hal ini penting, untuk membantu Anda melihat peluang dan juga potensi bisnis penginapan yang akan dijalankan.

Meski menjanjikan, kesuksesan bisnis penginapan ini tentu akan dipengaruhi banyak hal, seperti harga yang diterapkan, fasilitas yang ditawarkan, dan lainnya. Semua ini tentu perlu Anda pahami sejak awal.

Jadi, untuk itulah mengapa riset pasar wajib dilakukan. Jangan sekal-kali malas melakukan riset pasar tersebut demi kemajuan bisnis penginapan Anda.

3. Desain Tepat dengan Fasilitas Memadai

Jangan lupa untuk memilih desain penginapan yang tepat dan tentunya sesuai dengan target pasar yang sudah Anda pilih. Orang-orang memiliki kebutuhan tersendiri akan hal ini, terutama jika Anda akan menyasar kaum muda sebagai target bisnis.

Selain itu, menyediakan fasilitas penginapan yang memadai adalah langkah penting untuk Anda lakukan. Sesuaikan fasilitas ini dengan target pasar yang akan dibidik, agar Anda tidak kesulitan untuk mencari konsumen.

3 dari 4 halaman

4. Terapkan Harga yang Masuk Akal

banner infografis gaji pns dki
Perbesar
Ilustrasi Gaji

Harga yang Anda terapkan akan menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kesuksesan bisnis penginapan. Terapkanlah harga yang masuk akal, di mana Anda bisa mendapatkan keuntungan dan harga ini masih bisa dijangkau oleh calon konsumen.

Harga ini juga bisa ditentukan dengan cara melihat kisaran harga penginapan lainnya (pesaing) yang ada di sekitar lokasi bisnis Anda. Jangan sampai menetapkan harga terlalu tinggi sehingga orang lebih memilih penginapan lain.

5. Lakukan Promosi yang Tepat

Untuk mendukung kelancaran bisnis Anda, lakukan juga kegiatan promosi yang tepat. Hal ini bisa Anda lakukan secara online, baik itu melalui media sosial atau bahkan melalui situs yang secara khusus dibuat untuk bisnis tersebut.

Anda bisa memilih cara promosi yang paling efektif dan tentunya sesuai dengan target pasar yang dibidik. Sekarang ini sudah banyak e-commerce khusus untuk jasa menawarkan penginapan.

4 dari 4 halaman

6. Jaga Keamanan dan Kebersihan

Kamar Hotel
Perbesar
Ilustrasi Foto Kamar Hotel (iStockphoto)

Setiap orang akan membutuhkan kenyamanan, bahkan ketika mereka sedang berada di penginapan milik orang lain. Kenyamanan seperti ini tentu harus didukung dengan kondisi keamanan dan juga kebersihan yang terjamin.

Pastikan penginapan selalu dalam kondisi aman, baik itu dari lingkungan sekitar ataupun dari perilaku tamu (penghuni) di dalamnya. Selain itu, jaga juga kebersihan penginapan dengan baik, termasuk kebersihan lingkungan di sekitarnya.

Rencanakan dan Jalankan Bisnis dengan Cara yang Tepat

Bagi Anda yang berniat terjun ke dunia bisnis, tidak ada salahnya memilih bisnis penginapan yang selalu banyak dibutuhkan. Awali bisnis ini dengan rencana yang tepat, di mana Anda menyesuaikan konsep dan juga target pasar yang disasar. Jalankan usaha penginapan Anda ini dengan langkah-langkah yang tepat, agar bisnis ini bisa sukses dan menguntungkan.

Lanjutkan Membaca ↓