Sukses

Angka Pembawa Rezeki dan Kesialan Menurut Tradisi China

Cek angka-angka penarik rezeki menurut tradisi China.

Liputan6.com, Jakarta - Budaya China sangat digantungkan pada kepercayaan terhadap rezeki, kesialan dan angka-angka yang berkaitan dengannya.

Banyak orang China yang rela mengeluarkan uang demi mendapatkan nomor keberuntungan di kendaraannya, nomor telepon dan lain sebagainya. Hal itu semata-mata karena mereka percaya dengan mitos kecocokan sebuah angka dengan kehidupan.

Empat ribu tahun yang lalu, ada legenda tentang Kaisar Yu yang melihat seekor kura-kura dengan guratan sempurna berjumlah 9 di cangkangnya tepatnya di tepi sungai Luo. Guratan itu dipercaya menjadi asal usul Kotak Luo Shu, sebuah alat berhitung di China kala itu.

Oleh karenanya, China mengenal 9 angka dasar dan di antara angka tersebut ada angka rezeki yang dapat Anda manfaatkan, dilansir dari thechinesezodiac.org, Rabu (6/2/2019).

  • Angka 1

Angka 1 merujuk pada Yang, yang berjenis kelamin laki-laki, dan bersifat surgawi. Angka 1 cocok digunakan pada laki-laki, karena sesuai dengan jenis kelamin angka tersebut.

  • Angka 2

Angka 2 merujuk pada Yin, berjenis kelamin perempuan. Angka ini merupakan angka pembawa rezeki karena angka 2 bisa diartikan “hal baik selalu datang berpasangan”. Anda dapat memanfaatkan angka ini sebagai merk bisnis Anda (double fortune, double happiness, dan lain sebagainya)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

·         Angka 3

Angka 3 berarti “kelahiran”. The moon frog dalam tradisi China memiliki 3 kaki, yang berarti kelahiran kembali dalam urusan keberuntungan, kekayaan dan kemakmuran.

·         Angka 5

Dalam kultur China, angka 5 berkaitan erat dengan Wu Xing. Wu Xing adalah lima elemen fenomena alam; logam, kayu, air, api dan tanah. Angka 5 juga merupakan angka yang populer karena merupakan angka tengah (1-5-9).

·         Angka 6

Selain 4 angka di atas, angka 6 juga merupakan angka keberuntungan China. Angka 6 diasosiasikan dengan ‘indera keenam’, karena menurut budaya China, pikiran termasuk ke dalam indera keenam. Angka 6 juga merupakan angka terbesar dalam dadu. Ada yang mengatakan “double six will make you happy” atau angka 6 yang berlipat ganda akan membuat Anda bahagia.

·         Angka 8

Angka ini merupakan angka yang populer digunakan pada plat kendaaran dan nomor telepon, karena angka 8 berarti kemakmuran atau kejayaan. Di tahun babi tanah ini, Anda disarankan untuk menggunakan angka 8 sebanyak-banyaknya untuk menambah kemakmuran Anda.

·         Angka 9

Dalam sejarah China, angka 9 diasosiasikan dengan kaisar China yang pada saat itu sering mengenakan jubah dengan 9 naga. Angka 9 terdengar seperti “keabadian” dan dianggap angka keberuntungan.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Meskipun begitu, ada 2 angka kesialan yang harus Anda hindari di tahun ini. Angka tersebut ialah:

·         Angka 4

Angka 4 berarti kematian, dalam kepercayaan China. Anda harus menghindari penggunaan angka ini.

·         Angka 7

Angka ini diasosiasikan dengan hal-hal spiritual dan mistis di China. Dalam kalender China, bulan ketujuh sering disebut dengan “bulan hantu” dan saat itu gerbang antara neraka dengan bumi dibuka, dan makhluk gaib akan bergentayangan di bumi. Meskipun begitu, kadang angka 7 diartikan sebagai angka yang netral menurut beberapa orang.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.