Sukses

Strategi Membahas soal Uang dengan Teman Tanpa Canggung

Agar kamu bisa santai membicarakan uang di hadapan teman, kamu bisa melakukan beberapa cara ini

Liputan6.com, Jakarta Canggung berbicara soal uang dengan teman? Hal ini memang bisa saja terjadi. Ketika berkumpul dengan teman, ada banyak hal yang bisa dijadikan bahan pembicaraan. Salah satunya adalah soal keuangan dan pekerjaan.

Nah, agar kamu bisa santai membicarakan soal ini di hadapan teman, dikutip dari Swara Tunaiku, kamu bisa melakukan beberapa cara ini:

1. Katakan saat mood sama-sama baik

Mau membahas apa pun, akan terasa lebih baik jika mood kamu baik. Terlebih soal keuangan ini. Kalau mood kamu bagus, sesensitif apa pun perbincangan yang sedang dilakukan, tak akan jadi masalah.

Nah, alangkah baiknya, bila bicara soal keuangan dan pekerjaan dengan teman, lihat kondisi kamu dan lawan bicaramu. Kalau bagus, tak masalah dibicarakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Mengatakan tujuan pembahasan

Bagaimana bila bukan kamu yang mengajak diskusi soal keuanganmu, melainkan temanmu? Ketika hal ini terjadi, tentunya kamu akan mengernyitkan dahi dan bingung, kan? Jika kamu dalam situasi ini, tak masalah bila kamu menolaknya dengan halus atau bila mau tanyakan tujuan membicarakan hal itu.

Namun, bila kamu yang memulainya lebih dulu, baiknya kamu katakan juga tujuan dia membahasnya. Beda ceritanya kalau temanmu memulai hanya untuk mendiskusikan masalah keuangannya atau sharing masalah pribadi tentang bagaimana cara mengatur keuangan yang baik.

Jika tujuannya sudah jelas, tak masalah mau dibawa ke mana pembicaraan tersebut. Bila tujuannya baik dan bukan hanya sekadar hasrat untuk ingin tahu dan kepo semata, kamu bisa jadi lebih lega dalam membahasnya.

3. Kalimatmu harus punya sumber

Hal seputar keuangan ini memang sangat sensitif sekali. Oleh sebab itu, ketika membicarakan soal uang, ada baiknya kamu menyertakan sumber atau punya sumber yang relevan. Jangan jadi sok tahu.

Misalnya saja, menebak kisaran gaji seseorang yang bekerja di perusahaan A. Kalau kamu tak tahu, baiknya cobalah cari dulu di internet.

Tanyakan berapa kisaran gaji di perusahaan A tersebut. Dengan punya dasar data seperti itu, kamu tak akan masalah bila menebak kisaran gaji seseorang. Sebab, biasanya ada yang bisa sakit hati kalau kamu asal menebak dan sok tahu mengenai gaji seseorang. Terlebih, bila kamu membandingkan dengan gaji tinggi yang kamu miliki.

3 dari 3 halaman

4. Berikan info seputar keuanganmu lebih dulu

Bila kamu benar-benar ingin berdiskusi masalah keuangan dengan teman, ada baiknya kamu menginfokan lebih dulu seputar keuangan kepada teman tersebut.

Kamu harus terbuka dengannya bila ingin dia juga terbuka padamu. Jangan kamu hanya menanyai kondisi keuangan temanmu saja, tapi kamu tidak berbagi.

Bila kamu melakukannya dengan benar, kamu dan teman bisa terpancing dengan diskusi yang lebih seru dan lancar. Membicarakan info dua belah pihak ini juga harus hati-hati sebenarnya. Jangan sampai kamu salah bicara dan merendahkan gaji atau keuangan temanmu meski sebenarnya gaji kamu memang lebih tinggi.

Ada baiknya, tetap di jalur santai. Jangan pernah membicarakan soal gaji dengan nada menyombong sebab temanmu bisa saja tersinggung. Pelan saja, diskusikan dengan baik dan jangan menggebu-gebu. Perhatikan juga mimik temanmu, bila ia merasa tak nyaman, jangan lanjutkan.

Nah, itulah beberapa yang bisa kamu lakukan ketika ingin membahas masalah keuangan ketika berkumpul bersama. Memang, tak ada salahnya membahas hal ini bila berkumpul bersama teman terlebih sahabat. Namun, kamu harus perhatikan kondisi dan keadaan juga. Bila pembicaraan tersebut mulai ke arah yang tak enak, ada baiknya hentikan sekarang juga!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini