Sukses

Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Tingkatkan Potensi Diri dalam Berkarier

Kalau pengin tahu cara meningkatkan potensi diri, bisa membaca poin-poin berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk bisa sukses, kamu perlu menemukan potensi diri dan berusaha. Bukan hanya menunggu peluang datang.

Itu sebabnya kamu harus mempersiapkan diri dengan lebih baik. Jangan pernah puas dengan kemampuan diri saat ini.

Nah, kalau pengin tahu cara meningkatkan potensi diri, bisa membaca poin-poin saduran dari Swara Tunaiku berikut.

1. Minta Evaluasi dari Atasan

Cobalah untuk meminta evaluasi soal diri kamu selama ini dari atasan. Hal ini sangat bagus untuk mengetahui mana bagian darimu yang salah dan harus diperbaiki, atau yang bisa dikembangkan. Misalnya, tentangpekerjaan yang selama ini kamu lakukan.

Kamu merasa semua tak ada yang salah. Namun, itu tak sama dengan yang ada di atasanmu, kan? Cobalah tanyakan apa pendapat atasanmu tentang pekerjaan yang kamu lakukan sekarang. Tanyakan secara langsung agar kamu bisa memperbaiki yang kurang dari kinerjamu selama ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Ambil Kursus Tambahan dan Workshop

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan potensi diri adalah mengambil kursus tambahan atau workshop tentang pengembangan diri.

Tak ada yang namanya berhenti belajar bila kamu mau maju. Selama masih bisa bernapas dan bisa menambah kemampuan, kenapa tidak melakukannya?

Belajar itu memang tak boleh dihentikan bila kamu juga tak mau kemampuanmu berhenti. Oleh sebab itu, bila ada waktu luang, cobalah ambil kursus atau ikut pelatihan. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan hobimu.

3. Cari Tantangan

Cobalah untuk mencari tantangan. Jangan hanya berdiam diri pada posisi nyamanmu. Kalau kamu hanya berada di tempat itu terus, kamu tak akan maju. Misalnya, bila minggu ini kamu tak efektif dalam bekerja, minggu depannya tantang dirimu untuk lebih efektif.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan, seperti mengerjakan tugas lebih cepat dan bertanggung jawab. Dalam melakukannya, jangan mudah menyerah dan mengeluh. Kamu harus mempelajari cara menguasainya. Dengan begitu, kesempatan yang lebih baik juga akan datang.

3 dari 3 halaman

4. Perluas Relasi

Perluaslah relasi bila kamu ingin potensi dalam dirimu lebih berkembang. Memiliki relasi yang luas itu banyak manfaatnya.

Selain menyenangkan, juga menguntungkan. Kamu bisa belajar banyak hal baru dari orang yang ada di jalur relasi kamu.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa dapat berbagai pengalaman menarik dari orang yang ada di lingkaran relasimu.

5. Bergabung dengan Komunitas

Sebenarnya, poin yang satu ini masih ada hubungannya dengan poin nomor empat. Dengan bergabung di suatu komunitas, kamu akan memiliki relasi yang lebih bagus dan luas.

Tak hanya orang yang memiliki latar belakang yang sama, melainkan juga dari yang berbeda-beda. Terlebih bila komunitas itu adalah komunitas daring yang menggabungkan banyak orang.

Kamu bisa mendapat pengalaman baru dari orang di seluruh penjuru dan itu bisa kamu jadikan guru terbaik. Kamu bisa menemukan hal-hal baru yang tentunya bermanfaat untuk mengembangkan potensi dirimu. Kamu juga bisa belajar lebih banyak dari mereka yang sudah sukses soal cara atasi masalah dan kembangkan diri.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan potensi diri. Inti dari semua hal tersebut adalah kamu tak boleh mudah menyerah. Cobalah untuk keluar dari zona nyaman dan cobalah beragam hal baru. Dengan begitu, kamu bisa tahu di mana letak kekuranganmu dan bisa juga memperbaikinya. Peluang sukses juga makin terbuka!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini