Sukses

Citilink Terapkan Bagasi Berbayar Mulai 8 Februari 2019

Penumpang Citilink yang telah membeli tiket penerbangan sebelum 8 Februari 2019 masih berhak mendapatkan fasilitas bagasi hingga 20 kg.

Liputan6.com, Jakarta - Citilink Indonesia selaku maskapai berbiaya hemat atau Low Cost Carrier (LCC) akan memberlakukan kebijakan bagasi berbayar dalam setiap penerbangan domestik mulai Jumat, 8 Februari 2019.

"Dalam rangka memberikan kualitas layanan yang prima di tengah ketatnya persaingan industri penerbangan, Citilink sebagai maskapai dengan standar layanan no frills (pelayanan standar minimum) akan memberlakukan ketentuan baru mengenai tarif bagasi tercatat," kata Direktur Niaga Citilink lndonesia Benny Rustanto di Jakarta, Senin (28/1/2019). 

Dia menjelaskan, ketentuan bagasi berbayar ini hanya akan diberlakukan untuk penerbangan domestik saja. Sementara untuk penumpang dengan rute penerbangan internasional baru akan dikenai biaya bila bawaan bagasinya di atas 10 kg.

"Khusus penumpang Citilink lndonesia rute internasional serta penumpang yang telah menjadi member Supergreen dan Garuda miles atau penumpang yang membeli Green Seat akan tetap mendapatkan gratis bagasi sampai 10 kg," tambahnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, penumpang Citilink yang telah membeli tiket penerbangan sebelum 8 Februari 2019 masih berhak mendapatkan fasilitas bagasi hingga 20 kg, meskipun dijadwalkan untuk terbang melewati tanggal yang dimaksud. 

Ketentuan lainnya, penumpang juga tetap diperbolehkan untuk membawa satu buah barang bawaan ke dalam kabin dengan berat maksimal 7 kg dan dimensi maksimal 58 cm x 46 cm x 23 cm tanpa biaya tambahan. 

Benny pun mengimbau, penumpang maskapainya dapat membeli paket bagasi sebelum keberangkatan untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau, dengan potongan harga sampai dengan 40 persen. 

"Pembelian paket bagasi dapat dilakukan di website resmi Citilink paling lambat 4 jam sebeIum keberangkatan. Sementara bagi penumpang yang sudah berada di bandara, dapat membeli bagasi tercatat langsung di counter check kami," sebutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketentuan Bagasi Berbayar Sesuai Aturan

Adapun kebijakan bagasi berbayar ini dikeluarkan Citilink Indonesia dengan acuan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 185 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri. 

Lewat regulasi tersebut, Benny menuturkan, pihaknya telah melakukan penelitian pada 2017-2018, yang secara hasil menunjukan tiap penumpang Citilink Indonesia hanya membawa sekitar 7-11 kg barang di bagasi saat penerbangan high season.

"Kita sudah lakukan research penumpang yang membawa bagasi. Hasilnya rata-rata antara 7-11 kg. Itu high season, biasa penumpang bawa oleh-oleh. High season biasa pas Lebaran aja," ujar Benny.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.