Sukses

Mitra Bukalapak Dapat Fasilitas Kredit Bank Mandiri Maksimal Rp 200 Juta

Untuk tahap awal, Bank Mandiri akan menyediakan total pembiayaan sebesar Rp 200 Miliar untuk pelapak.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berkolaborasi dengan PT Bukalapak.com dalam penyaluran kredit modal kerja. Fasilitas tersebut dapat dinikmati oleh ribuan UMKM yang menjadi mitra salah satu platform daring terbesar di Indonesia tersebut.

Direktur Retail Banking Bank Mandiri Donsuwan Simatupang mengatakan, skema kerjasama ini sangat strategis karena dapat membantu bank menjaga kualitas pembiayaan yang disalurkan serta meningkatkan nilai tambah yang bisa diberikan Bukalapak kepada pelaku UMKM yang menjadi mitra. UMKM tersebut dapat membiayai ekspansi usaha dari kredit yang disediakan.

“Di samping itu, skema kerjasama ini juga dapat mempercepat proses persetujuan kredit sehingga mitra Bukalapak dapat memanfaatkan momentum yang ada dalam mengembangkan usaha,” kata Donsuwan, di Plaza Mandiri, Senin (28/1/2019).

Dengan kerjasama ini, Donsuwan menambahkan, pihaknya memastikan dapat menjangkau rentang nasabah UMKM yang lebih luas melalui platform daring, sehingga dapat mengakomodasi kebutuhan pelaku UMKM online terhadap akses pemodalan perbankan.

“Bank Mandiri akan memanfaatkan sinergi dengan Bukalapak untuk memperkuat penetrasi pembiayaan ke kelompok-kelompok usaha yang berbasis online dengan melihat pertumbuhan transaksi perdagangan secara online yang tumbuh sangat pesat,” ujarnya.

Dalam kerjasama ini, Bukalapak akan mereferensikan mitra UMKM potensial untuk mengikuti proses seleksi berdasarkan kriteria nasabah debitur Bank Mandiri.

Berdasarkan proses seleksi tersebut, Bank Mandiri kemudian menentukan besaran plafon kredit yang disetujui, dimana plafon maksimal yang bisa diakses untuk setiap mitra UMKM adalah Rp 200 Juta.

Untuk tahap awal Kerjasama ini Bank Mandiri akan menyediakan total pembiayaan sebesar Rp 200 Miliar.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Juta Pelapak

Dalam kesempatan serupa, Co- Founder & President PT. Bukalapak.com, M Fajrin Rasyidmengatakan, pihaknya menyambut baik kerjasama dengan Bank Mandiri yang memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam pembiayaan UMKM di Indonesia dan sangat fokus terhadap perekembangan perbankan yang digital.

"Saat ini ada lebih dari 4 juta pelapak tergabung di Bukalapak. Melalui teknologi dan kreativitas, Bukalapak terus berinovasi untuk menaikkelaskan para pelaku usaha di seluruh Indonesia, salah satunya melalui kolaborasi dengan Bank Mandiri. Kami harap kolaborasi ini dapat semakin menaikkelaskan seluruh pelaku usaha melalui tambahan modal untukpengembangan bisnis mereka,” kata Fajrin.

Fajrin Rasyid menambahkan bahwa, pihaknya berharap kerjasama dengan Bank Mandiri ini juga dapat meningkatkan skala usaha mitra UMKM baik dari sisi frekuensi maupun volume transaksi.

“Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat membantu ribuan UMKM Online sekaligus yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendapatkan tambahan modal dalam mengantisipasi perkembangan bisnis mereka," tutupnya.

Sebagai informasi, hingga Desember 2018, Bank Mandiri telah menyalurkan pembiayaan modal kerja sebesar Rp 78.23 triliun kepada pelaku UMKM di Tanah Air.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.