Sukses

7 Peluang Bisnis Makanan yang Menjanjikan di 2019

Jika Anda ingin membuka usaha makanan, berikut beberapa ide peluang usaha makanan yang bisa kamu pilih

Liputan6.com, Jakarta - Usaha makanan di Indonesia sejak 5 tahun belakangan ini memang sedang naik daun. Hal ini tak lepas dari peran media sosial, blogger, hingga aplikasi direktori kuliner yang membuat orang semakin mencintai makanan.

Bisa dilihat dari salah satu media sosial seperti Instagram, pasti ada banyak foto-foto makanan dengan tampilan apik yang sangat menggiurkan untuk dicoba. Dengan begitu, makanan tak lagi hanya sekadar untuk mengenyangkan perut saja, tapi juga untuk memuaskan mata dan memberikan kenikmatan rasa dari makanan yang disantap.

Dengan beragam alasan tersebut, usaha makanan sampai kapanpun akan tetap banyak peminatnya. Tapi bukan berarti jika Anda membuka usaha makanan akan laris manis begitu saja. Justru karena peminatnya yang tinggi, maka persaingan usaha makanan sangat ketat.

Jika Anda tidak pintar-pintar melihat celah makanan mana yang akan menjadi tren, maka tak menutup kemungkinan kalau usaha makanan Anda bisa gulung tikar.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membuka usaha makanan, berikut beberapa ide peluang usaha makanan yang bisa kamu pilih, seperti dikutip dari Tunai Kita:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Peluang Usaha Makanan Unik  

Pertama ada peluang usaha makanan unik yang sepertinya akan semakin digemari pada tahun 2019 ini. Masyarakat Indonesia sangat suka terhadap sesuatu yang sifatnya unik dan menarik. Jadi kalau ada makanan unik yang sedang viral, mereka pasti akan penasaran dan ingin mencoba seperti apa citarasa dari makanan tersebut.

Coba saja kita kilas balik pada tahun 2018 saat banyak makanan yang menggabungkan keju mozarella. Seperti steak mozarella, ayam goreng Korea dengan mozarella, dan masih banyak lagi.

Penggunaan keju mozarella yang masih tergolong jarang di Indonesia pun sukses membuat orang penasaran ingin mencobanya jika dipadukan dengan makanan lain

2. Peluang Usaha Makanan Jajanan Luar Negeri

Selain usaha makanan unik, ada peluang usaha makanan jajanan luar negeri yang juga akan semakin bermunculan di tahun 2019 ini.

Kenapa usaha jajanan luar negeri memiliki peluang yang cerah di tahun 2019? Ini dikarenakan jajanan luar negeri memberikan citarasa yang berbeda dibanding jajanan tradisional dalam negeri sehingga membuat kita menjadi penasaran mencobanya.

Saat kemunculan egg tart yang membuat orang rela mengantri hingga berjam-jam demi mencicip jajanan asal Hongkong ini. Lalu yang baru-baru ini sedang dibicarakan dan viral di berbagai media sosial adalah Thai Bun yang merupakan roti kasur khas Thailand dengan isian selai di dalamnya yang sangat melimpah.

 

3 dari 5 halaman

3. Peluang Usaha Makanan Sehat

Selanjutnya ada peluang usaha makanan sehat yang akan semakin digemari oleh masyarakat Indonesia karena saat ini masyarakat kita sudah aware dengan pentingnya kesehatan.

Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya orang yang pergi ke pusat olahraga, seperti gym, pelatihan yoga, dan lain sebagainya. Tidak hanya melakukan olahraga saja, mereka juga mengimbanginnya dengan menyantap makanan yang sehat.

Perkembangan usaha makanan sehat di Indonesia memang terbilang sangat pesat. Pada tahun 2018, ada banyak makanan sehat yang bermunculan, seperti poke bowl, smoothie bowl, hingga salad wraps.

4. Peluang Usaha Makanan Pedas

Rasanya peluang usaha makanan pedas masih akan terus berjaya di tahun 2019 karena memang pada dasarnya masyarakat Indonesia sangat suka kuliner bercitarasa pedas. Jika Anda membuka usaha makanan pedas, peluang untuk suksesnya akan jauh lebih besar.

Jika menilik dari usaha-usaha makanan pedas sebelumnya, seperti seblak, ayam geprek, hingga sate taichan. Makanan-makanan pedas tersebut sukses mendapat hati tersendiri di hati masyarakat Indonesia.

4 dari 5 halaman

5. Peluang Usaha Makanan Tradisional

Siapa bilang usaha makanan tradisional tidak akan laris manis di tahun 2019? Justru peluang usaha makanan tradisional akan semakin terbuka lebar di tahun ini. Pasalnya, Indonesia memiliki beragam kebudayaan dan kuliner yang berbeda-beda sehingga Anda tidak akan habis mengeksplorenya.

Tentu saja untuk menjadikan usaha makanan tradisional menjadi viral, Anda harus membuat tampilannya lebih menggiurkan dengan penataan yang apik.

Contoh makanan tradisional yang sedang ramai dibicarakan adalah nasi liwet Sunda yang menjadi makanan tradisional favorit ketika mengadakan arisan hingga acara-acara kebersamaan yang lain.

6. Peluang Usaha Makanan Roti Artisan

Mungkin bagi beberapa orang yang tidak sering menyantap roti akan merasa asing dengan nama roti artisan. Roti artisan merupakan roti yang langsung dibuat oleh pembuat roti pada saat hari itu juga alias bukan roti buatan pabrik.

Beberapa contoh usaha makanan roti artisan yang sangat populer adalah Francise Artisan Bakery, BreadLife, BreadTalk, hingga Roti Boy.

Roti artisan ini dinilai lebih sehat karena tidak menggunakan bahan pengawet. Anda bisa memulai untuk membuka usaha roti artisan secara kecil-kecilan di garasi rumah atau menjualnya secara online.

5 dari 5 halaman

7. Peluang Usaha Makanan yang Terlihat Instagramable

Terakhir ada peluang usaha makanan yang terlihat Instagramable alias terlihat cantik untuk difoto. Kenapa hal ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha? Seperti yang kita ketahui kalau saat ini sosial media, terutama Instagram sedang marak-maraknya digunakan.

Instagram menampilkan foto-foto makanan yang ditata sedemikian mungkin sehingga hasilnya terlihat sangat bagus. Oleh karena itu, kenapa makanan Instagramable ini tidak dijadikan sebagai usaha saja?

Untuk membuka usaha makanan Instagramable, Anda harus memadukan salah satu dari keenam ide peluang usaha makanan yang ada di atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.