Dukung Bisnis Fintech, Anak Usaha Telkom Bikin Finarya

Oleh Agustina Melani pada 28 Jan 2019, 10:30 WIB
Telkom Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk atau Telkom (TLKM) melalui anak usahanya PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) membentuk perusahaan financial technology yaitu PT Fintek Karya Nusantara (Finarya).

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti ditulis Senin (28/1/2019), pembentukan Finarya ini dilakukan untuk mendukung ekosistem Fintech yang sudah ada sebelumnya di Telkomsel.

Finarya menjadi entitas baru yang berada di bawah Telkomsel. Adapun pembentukan entitas usaha baru ini pada 21 Januari 2019.

"Pada 21 Januari 2019 telah disetujui akta pendirian PT Fintek Karya Nusantara oleh Telkomsel. Finarya adalah anak perusahaan Telkomsel yang bergerak di bidang penyelenggara jasa sistem pembayaran," ujar VP Investor Relations PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), Andi Setiawan.

 

2 of 2

Akuisisi Collega Inti Pratama

20151102-IHSG-Masih-Berkutat-di-Zona-Merah-Jakarta
Suasana di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (2/11/2015). Pelemahan indeks BEI ini seiring dengan melemahnya laju bursa saham di kawasan Asia serta laporan kinerja emiten triwulan III yang melambat. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, anak usaha Telkom yaitu Telkom Sigma merupakan anak perusahaan dari Telkom Indonesia yang bergerak di bidang penyediaan layanan ICT Solution akuisisi saham PT Collega Inti Pratama dari PT Upperco Usaha Maxima dan PT Abdi Anugrah Persada.

Dengan akuisisi tersebut, kepemilikan saham TelkomSigma terhadap PT Collega Inti Pratama mencapai 70 persen.

"Akuisisi ini dilakukan untuk memperkuat grup Telkom dalam memberikan solusi ICT kepada perbankan yang lebih terintegrasi dengan layanan ICT lain yang sudah dimiliki sebelumnya seperti data center, system integration dan sebagainya," ujar Andi.

Adapun penandatanganan jual beli saham dilakukan pada 28 Desember 2018. Seperti diketahui, PT Collega Inti Pratama merupakan perusahaan penyedia solusi ICT untuk perbankan dan lembaga keuangan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓