Sukses

5 Tanda Ide Bisnis Anda Siap untuk Dibiayai Investor

Kelima tanda ini menunjukkan bahwa ide bisnis Anda siap untuk dibiayai.

Liputan6.com, Jakarta - Sangat menarik menemukan ide bagus untuk bisnis, dan membayangkan diri Anda berada di pucuk pimpinan dari usaha baru yang menggiurkan. Yang kurang menarik adalah prospek untuk mendapatkan pembiayaan yang diperlukan untuk ide Anda.

Yang benar adalah menemukan uang untuk menjalankan startup membutuhkan banyak perencanaan awal. Anda dapat meminjam ke investor, teman, atau keluarga.

Terlepas dari rute pembiayaan mana yang Anda ambil, calon investor Anda perlu melihat bukti bahwa ide Anda secara praktis layak sebelum mereka menyetujui peminjaman itu.

Dikutip dari Laruno.id, kelima tanda ini menunjukkan bahwa ide bisnis Anda siap untuk dibiayai.

1. Ide Anda melayani kebutuhan yang benar dan teridentifikasi

Bisnis Anda tidak akan berfungsi apalagi menghasilkan uang jika tidak memiliki basis pelanggan. Dan, terlebih lagi, jika mereka tidak membutuhkan apa pun yang Anda buat.

Tetapi banyak calon pengusaha yang terperangkap dalam kegembiraan ide-ide besar mereka sehingga mereka gagal merencanakan bagaimana ide itu akan berfungsi di dunia nyata.

Sebelum Anda memasuki proses pembiayaan, Anda perlu mengidentifikasi target pelanggan Anda dan memahami perilaku mereka. Anda harus mendesain produk atau ide Anda untuk memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi pelanggan.

Anda perlu tahu apa itu produk atau layanan, bagaimana cara kerjanya dan bagaimana Anda akan menjualnya. Anda telah mengidentifikasi masalah potensial yang mungkin muncul pada produk Anda, atau hambatan yang mungkin Anda hadapi di pasar, dan Anda memiliki rencana permainan untuk memecahkan masalah tersebut.

Kemudian, Anda perlu melakukan uji tuntas dalam industri Anda. Tentukan persis bagaimana Anda akan menempatkan bisnis Anda di pasar yang ada, pahami bagaimana produk Anda dapat bergeser dan tumbuh bersamanya, dan bedakan diri Anda dari pesaing. Dan pastikan pelanggan Anda mampu membeli produk atau layanan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Anda memiliki model dan rencana bisnis

Jika model bisnis Anda adalah apa, rencana bisnis Anda adalah alasannya. Model bisnis Anda menunjukkan aliran pendapatan bisnis Anda, dan rencana bisnis Anda menjabarkan bagaimana Anda akan memperoleh aliran pendapatan tersebut.

Bagaimana cara kerja tim kepemimpinan bisnis Anda, dan bagaimana bisnis Anda diatur secara hukum? Apa jenis peralatan, staf, dan rencana pemasaran yang Anda butuhkan untuk mengoperasikan bisnis Anda dan menghasilkan pendapatan?

Baik model bisnis dan rencana Anda memberikan bukti, baik untuk diri sendiri maupun kepada calon pemberi pinjaman, bahwa ide bisnis Anda praktis dan dapat dijalankan.

3. Anda memiliki rencana keuangan

Entah Anda mencari investor atau mencari pinjaman usaha kecil melalui pemberi pinjaman, debitur ingin melihat bagaimana Anda berencana menggunakan potensi uang itu.

Anda tidak bisa hanya meminta uang sebagai wirausahawan. Anda perlu tahu persis berapa banyak uang yang Anda butuhkan, mengapa Anda membutuhkannya dan bagaimana Anda akan menggunakannya.

Karena orang-orang ini meletakkan uang mereka sendiri di jalur untuk mendanai startup Anda, mereka harus memastikan usaha Anda berkelanjutan, akhirnya menguntungkan dan bahwa Anda akan menggunakan sumber daya mereka dengan bijaksana.

Perencanaan keuangan yang buruk atau tidak ada perencanaan keuangan, tentu tidak dapat meyakinkan calon kreditur ketajaman bisnis Anda. Jadi, buatlah rencana finansial yang memproyeksikan dengan tepat bagaimana Anda akan mendapatkan keuntungan.

Pastikan untuk menyertakan rencana terperinci dari pengeluaran bisnis yang diproyeksikan, berapa banyak modal yang diperlukan untuk mendapatkan ide bisnis Anda dan biaya operasi Anda, atau berapa biaya untuk mempertahankan bisnis itu berjalan.

3 dari 3 halaman

4. Telah merekrut tim yang memenuhi syarat untuk mewujudkan visi Anda

Bahkan jika Anda menciptakan ide bisnis Anda sendiri, pada kenyataannya setiap pengusaha membutuhkan bantuan untuk memulai kemudian beroperasi untuk startup mereka.

Sebelum Anda mencari pembiayaan, rekrut tim manajemen yang cakap dan berkualifikasi untuk menjalankan bisnis Anda, atau memiliki rencana perekrutan untuk melakukannya secepat mungkin.

Dan jika Anda tidak memiliki cukup pengalaman yang relevan di bidang itu sendiri, Anda perlu mengumpulkan tim mitra atau mentor untuk mengisi kekosongan dalam pengetahuan Anda. Sangat penting untuk mengakui bahwa Anda tidak dapat melakukan dan mengetahui semuanya sendiri.

5. Dapat membuktikan bahwa Anda membelanjakan uang secara bertanggung jawab

Meskipun Anda mungkin tidak memiliki cara untuk membuktikan bahwa Anda bertanggung jawab dengan pembiayaan bisnis, Anda dapat memastikan bahwa Anda memposisikan diri Anda untuk membuat rekam jejak sehingga investor dan pemberi pinjaman dapat memercayai Anda.

Misalnya, jika Anda bekerja dengan pemberi pinjaman, mereka ingin tahu bahwa bisnis Anda mampu melunasi utang sebelum memberikan Anda pinjaman. Dan investor lain ingin tahu bahwa uang apa pun yang mereka berikan kepada Anda akan dibelanjakan secara bertanggung jawab, terutama jika mereka mengharapkan pengembalian.

Salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengembangkan profil keuangan yang sehat, dan mempertahankan skor kredit bisnis yang tinggi.

Buka kartu kredit bisnis, dan ikuti praktik terbaru untuk meningkatkan skor kredit Anda, seperti membayar semua tagihan Anda secara penuh dan tepat waktu dan secara teratur memeriksa laporan kredit Anda ketika terjadi kesalahan.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar: https://laruno.id/rangkuman-fr-mp

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini