Sukses

Harga Bawang Merah dan Cabai Turun di Pasar Kebayoran Lama

Harga tomat dan bawang putih terpantau naik, sedangkan bawang merah dan cabai turun di Pasar Kebayoran Lama.

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan pada awal 2019 rupanya turut membuat harga sayuran di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, bervariasi.

Beberapa komoditas seperti tomat buah dan bawang putih terpantau naik, sedangkan cabai, bawang merah, hingga sayuran hijau harganya justru turun.

Uus (50), salah seorang pedagang sayur di Pasar Kebayoran Lama, mengatakan harga tomat buah dan bawang putih sudah melonjak semenjak pergantian tahun dari 2018 ke 2019.

"Tomat naik jadi Rp 18 ribu per kg, udah dari tahun baru. Terakhir Rp 12 ribu. Bawang putih cutting sekarang Rp 40 ribu per kg (biasa Rp 30 ribu per kg), bawang putih bulat Rp 30 ribu per kg (biasa Rp 25 ribu per kg)," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (21/1/2019).

Lain halnya dengan komoditas lain semisal bawang merah, cabai rawit merah, cabai rawit hijau, dan cabai merah keriting. Harganya cenderung turun. Ia menyebut harga bawang merah turun Rp 30 ribu per kg dari sebelumnya Rp 40 ribu.

Begitu juga cabai rawit merah yang terpotong dari Rp 40 ribu per kg menjadi Rp 35 ribu, serta cabai rawit hijau yang turun dari Rp 28 ribu per kg jadi Rp 25 ribu, dan cabai merah keriting dari Rp 30 ribu per kg jadi Rp 20 ribu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Masih di pasar yang sama, pedagang sayur lain, Surati (50) menyampaikan, cuaca yang tak menentu saat ini memang membuat harga tomat buah dan bawang putih melambung.

"Ya, tomat naik jadi Rp 15 ribu (per kg), tadinya antara Rp 10-12 ribu. Bawang putih juga, yang cutting Rp 32 ribu (per kg), bulat Rp 28 ribu (per kg). Udah dari tahun baru, enggak panen-panen lagi. Karena cuaca juga kali ini," keluhnya.

"Soalnya kalau yang kayak tomat kalau musim hujan begini susah metiknya," dia menambahkan.

Namun begitu, Surati melanjutkan, faktor cuaca juga yang pada akhirnya membuat beberapa komoditas lain terpangkas harga. Seperti bawang merah turun dari Rp 32 ribu per kg jadi Rp 28 ribu.

"Cabai rawit merah sekarang turun Rp 40 ribu (per kg), terakhir sempat Rp 50 ribu. Cabai merah keriting sama rawit hijau juga sekarang Rp 20 ribu (per kg), tadinya Rp 30 ribu," paparnya.

"Sayuran hijau yang harganya pada turun. Kacang panjang sekarang murah Rp 12 ribu (per kg), tadinya sampai sekitar Rp 20 ribu. Sawi juga, sekarang Rp 8 ribu (per kg), tadinya Rp 12 ribu," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.