Sukses

Saham Penghuni Baru LQ45 Bakal Jadi Pilihan untuk Investor

Diharapkan kedepannya kinerja dari keempat emiten baru tersebut dapat dijaga dalam rentang yang terukur.

Liputan6.com, Jakarta Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan daftar penghuni baru indeks LQ45 untuk periode Februari-April 2019.

Mengutip keterbukaan BEI, Senin (21/1/2019), empat emiten yang masuk ke daftar tersebut, antara lain PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN), PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) dan PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM).

Deputy Head of Equity Research Mandiri Sekuritas Tjandra Lienandjaja memprediksi, secara prospek kinerja keempat saham yang baru bergabung di indeks LQ45 tersebut nantinya akan membaik. Itu disebabkan telah melalui proses seleksi yang cukup panjang.

"Kalau kita lihat, pemilihan anggota itu sudah melewati mereka punya seleksi jadi seharusnya prospeknya lebih bagus dibandingkan yang lain," ujarnya di Plaza Mandiri, Jakarta Selatan, Senin (21/1/2019).

Kendati demikian secara risiko, dia mengaku belum mempertimbangkan secara mendalam terkait prospek dari keempat saham tersebut.

"Kita belum lihat sampai detil ya. Tapi yang jelas risiko pasti ada namun untuk detail belum sampai kesana," ungkapnya.

 

Sementara itu, Analis Senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengatakan, masuknya keempat emiten baru itu tentu akan menjadi pertimbangan baru bagi investor.

"Untuk prospek kedepannya, saya belum bisa katakan bahwa nantinya akan bagus atau tidak ya. Namun kalau untuk sahamnya jelas menjadi pertimbangan investor karena emiten yang masuk ke indeks LQ45 dianggap saham yang likuid," ujarnya kepada Liputan6.com.

Dia pun menghimbau agar kedepannya kinerja dari keempat emiten baru tersebut dapat dijaga dalam rentang yang terukur.

"Kedepannya tentunya yang harus dijaga ialah kinerja dan sentimennya," tandasnya.

Sebagai informasi, keempat emiten baru diatas menggantikan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR), PT Sentul City Tbk (BKSL), PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), dan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) yang secara resmi telah keluar dari indeks LQ45.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI