Sukses

Harga Daging Ayam Naik pada Awal Pekan

Harga ayam potong dan telur ayam kampung di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, terpantau melonjak.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang perayaan Imlek pada 5 Februari 2019, harga ayam potong dan telur ayam kampung di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, terpantau melonjak.

Seperti disebutkan Lina (37), seorang pedagang ayam potong yang sehari-hari berjualan di pasar tersebut.

Dia mengatakan, pihak penyalur acapkali meninggikan harga jual kala waktu mendekati perayaan hari besar seperti Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 kemarin.

"Mau Imlek, itu juga pengaruh. Tiap mau Imlek naik. Baru habis Imlek stabil lagi. Pemasok ninggiin harga. Kemarin pas Natal dan tahun baru juga lonjak banget, malah lebih tinggi," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (21/1/2019).

Sebagai perbandingan, ia menuturkan, ayam potong bagian paha sebelumnya dijual pada rentang harga antara Rp 35-38 ribu per kg. Saat ini, lanjutnya, meningkat jadi Rp 40 ribu per kg.

Begitu juga dengan bagian sayap, yang naik jadi Rp 35 ribu per kg dari sebelumnya Rp 30 ribu per kg. Serta ayam potong bagian dada yang dijual Rp 50 ribu per kg, melonjak dari harga awal Rp 45-48 ribu per kg.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Telur di Pasar Tradisional

Harga telur juga naik di pasar Kebayoran Lama. Herman (29), pedagang telur menyatakan, beberapa produk telur seperti telur ayam kampung, telur bebek dan telur puyuh harganya naik per hari ini.

"Baru hari ini (pada naik). Telur ayam kampung Rp 2.200 (per butir), terakhir Rp 1.900. Telur bebek Rp 2.400 (per butir), kemarin Rp 2.300. Kalau telur puyuh naik dari Rp 28 ribu (per kg) jadi Rp 30 ribu," bebernya.

Berbanding terbalik, harga telur ayam dalam negeri yang dijual Herman justru menurun sejak 3 hari silam, yakni dari Rp 25 ribu per kg menjadi Rp 24 ribu per kg pada hari ini.

Sementara itu, Udin (19), pedagang telur lain di Pasar Kebayoran Lama menceritakan, telur ayam dalam negeri harganya memang sudah terpangkas sejak beberapa hari lalu.

"Telur ayam dalam negeri sekarang Rp 25 ribu per kg, turun. Tadinya Rp 26 ribu. Sudah dua hari turunnya," ungkap dia.

Sama seperti Herman, telur puyuh dan telur bebek yang ia miliki juga secara harga melambung.

Dia memasang harga untuk telur puyuh Rp 29 ribu per kg dari tawaran semula Rp 28 ribu, sedangkan telur bebek Rp 2.400 per butir, atau naik Rp 100 dari harga sebelumnya Rp 2.300.

"Cuma telur ayam kampung doang yang masih biasa (belum berubah harga), masih Rp 2 ribu per butir," pungkas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.