Sukses

Jack Ma Beli Saham Inter Milan Milik Erick Thohir Senilai Rp 2,4 Triliun?

Erick Thohir dilaporkan bersiap menjual 31 persen saham yang ia miliki. Calon pembeli disebut berasal dari Hong Kong.

Liputan6.com, Jakarta - Jack Ma, salah satu orang terkaya di China, dikabarkan akan menjadi pembeli saham Inter Milan milik Erick Thohir. Erick Thohir berniat melepas 31,05 persen saham senilai 150 juta Euro atau sekitar Rp 2,4 triliun.

Dikutip dari SempreInter.com, Sabtu (19/1/2019), berdasarkan otoritas bursa saham Shenzhen, anak usaha Suning yakni Suning International Group Co akan memberi dana patungan sebesar USD 50 juta. Dana ini akan diberikan oleh perusahaan investasi milik Jack Ma di Hong Kong yaitu Yunfeng Capital.

Untuk diketahui, saat ini Suning merupakan pemilik saham mayoritas di Inter Milan. 

Suning dan Jack Ma memang memiliki kedekatan bisnis. Di mana, Jack Ma memiliki 20 persen saham di Suning. Sementara, pemilik Suning yakni Zhang Jindong memiliki saham minoritas di perusahaan Jack Ma, Alibaba.

Laporan lain dari Gazzetta dello Sport mengatakan pembeli saham Erick Thohir ialah LionRock Capital yang juga merupakan perusahaan investasi asal Hong Kong.

Pemimpin LionRock ialah Daniel Kar Keung Tseung yang juga merupakan jebolan Universitas Princeton dan Harvard.

LionRock didirikan pada 2011 dan tahun lalu mencatatkan laba usaha sebesar USD 5,4 juta. Portofolionya sejauh ini ialah memiliki saham di Hailo, perusahaan transportasi online di Italia. Selain itu, LionRock juga merupakan investor di Suning Sport, pengelola Inter Milan.

Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Jual Saham Inter Milan, Berapa Uang yang Diraup?

Sebelumnya, Erick Thohir dilaporkan bersiap menjual 31 persen saham yang ia miliki. Calon pembeli disebut berasal dari Hong Kong.

Dilaporkan dari situs komunitas Inter Milan, Serpents of Madonnina, Erick Thohir akan menjual sahamnya seharga 150 juta euro atau setara Rp 2,4 triliun (1 euro = Rp Rp 16.111).

Kesepatan penjualan saham Erick Thohir belum saham ke tahap final, walau sudah sampai ke tahap lanjut. Penandatanganan pun diperkirakan terjadi dalam beberapa minggu ke depan.

Kabar tersebut bersumber dari Sky Italia yang tidak menyebutkan siapa pihak kembali. Tetapi, kemungkinan calon pembeli masih dekat dengan Suning Commerce Group, pemegang saham mayoritas Inter Milan sebesar 68 persen.

Bos dari Suning adalah Zhang Jindong, dan putranya Steven Zhang adalah pria kelahiran 1991 yang menjadi bos Inter Milan setelah Erick Thohir turun pada akhir tahun lalu.

Setelah melepas jabatannya di Inter Milan, Erick Thohir bergabung sebagai angota dewan Oxford United. Erick juga pernah menjabat sebagai Ketua Panitia Asian Games 2018 dan ia juga bos perusahaan media Mahaka Group.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.