Sukses

Harga Emas Melemah, Paladium Menembus USD 1.400 per Ounce

Harga emas tetap didukung berbagai faktor, termasuk penutupan sebagian pemerintah AS yang berkepanjangan, kemungkinan jeda dalam siklus kenaikan suku bunga Federal Reserve AS.

Liputan6.com, New York - Harga emas dunia turun 0,1 persen menjadi USD 1.292,13 per ons, dengan resistensi psikologis USD 1.300 tetap membayangi. Sementara harga emas berjangka AS menetap 0,1 persen lebih rendah menjadi USD 1,292.30.

“Emas turun setelah angka klaim pengangguran AS membaik, dan belum pulih sejak saat itu. Sekarang, Dolar naik lebih tinggi dengan imbal hasil naik, lebih lanjut membebani logam," kata Analis Teknis Reuters Wang Tao, Jumat (18/1/2019).

Greenback naik pada hari Kamis setelah laporan data ekonomi yang lebih kuat dari yang diharapkan. Sementara pound stabil ketika pembuat kebijakan Inggris mencari konsensus tentang cara keluar dari Uni Eropa.

Jumlah orang Amerika yang mengajukan aplikasi untuk tunjangan pengangguran secara tak terduga turun pekan lalu, menunjukkan kekuatan pasar tenaga kerja yang berkelanjutan yang harus terus menopang perekonomian.

Dolar yang lebih kuat membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Namun, logam tetap didukung berbagai faktor, termasuk penutupan sebagian pemerintah AS yang berkepanjangan, kemungkinan jeda dalam siklus kenaikan suku bunga Federal Reserve AS, dan kekhawatiran seputar Brexit, kata para analis.

Harga emas di pasar spot akan keluar dari kisaran netral USD 1.285 - USD 1.299, dan naik menjadi USD 1.311 atau turun menuju USD 1.268, menurut analis teknis Reuters Wang Tao.

Sementara harga Palladium melampaui USD 1.400 untuk pertama kalinya pada hari Kamis, karena permintaan untuk logam otomatis melampaui ketersediaannya di pasar.

Harga emas naik lebih rendah karena dolar naik dipicu data pekerjaan mingguan AS yang lebih baik dari perkiraan.

 

Harga paladium di pasar spot naik 2,3 persen menjadi USD 1,390 per ons. Harga sebelumnya mencapai tertinggi sepanjang masa di USD 1,434.50, dan naik lebih dari 10 persen sejauh bulan ini.

"Pasar paladium bekerja di bawah defisit produksi-konsumsi," kata James Steel, Kepala Analis Logam mulia di HSBC.

Menambah daya tarik paladium adalah inisiatif kebijakan untuk membantu mendukung permintaan yang diungkapkan China, pasar mobil terbesar.

Harga paladium, yang digunakan terutama dalam katalis penurun emisi untuk kendaraan, telah melonjak lebih dari 70 persen sejak mencapai palung pada pertengahan Agustus. Logam itu mengambil alih harga emas untuk pertama kalinya dalam 16 tahun terakhir tahun lalu.

“Kami melihat pembelian stabil dalam jumlah sedikit; tidak ada persediaan dan tidak ada yang mau menjual karena Anda tidak tahu di mana itu akan berhenti, "kata Tai Wong, kepala perdagangan derivatif logam mulia dan dasar di BMO.

Di logam lain, platinum bertahan stabil di USD 804,50 per ounce, sementara perak turun 0,6 persen menjadi USD 15,50.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas