Sukses

Cek Tarif Bagasi Berbayar di 5 Maskapai, Mana yang Termurah?

Sejumlah maskapai menghapus layanan bagasi gratis. Mau tahu berapa tarif yang diterapkan maskapai?

Liputan6.com, Jakarta - Harga tiket pesawat sedang naik jadi bahan perbincangan masyarakat Indonesia karena terjadi fluktuasi harga. Di luar kenaikkan harga tiket, ada pula isu bagasi yang tengah menjadi perbincangan.

Isu dimulai dari langkah Lion yang ingin menghapus bagasi gratis, kemudian diikuti oleh maskapai Citilink. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengkritik langkah tersebut karena dianggap trik menaikkan tiket dari maskapai Low-Cost Carrier (LCC).

Membahas bagasi, sebetulnya berapa harga kelebihan bagasi tiap maskapai? Berdasarkan informasi dari maskapai yang dirangkum Liputan6.com, berikut perbandingan kelebihan bagasi 5 maskapai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sriwijaya Air

Sriwijaya Air memberikan bagasi gratis untuk kelas ekonomi seberat 20 kilogram untk booking tiket sebelum akhir Januari. Sesudanya bagasi gratis yang tersedia adalah 10 kilogram (kg).

Misal, penumpang yang  memiliki kelebihan hingga 20 kg, maka yang harus dibayar hanya 10 kg. Maksimal kelebihan bagasi adalah 64 kg yang kemudian dibagi menjadi dua kali masing-masing 32 kg, demikian penjelasan Call Center Sriwijaya Air ketika dihubungi Liputan6.com.

Sebagai gambaran, kelebihan bagasi dari Jakarta ke Makassar adalah Rp 45 ribu per kg. Lalu, Jakarta ke Manado via Ujungpandang dan Ternate, Rp 96 ribu per kg.

Sriwijaya Air juga responsif di akun Twitternya dalam menjawab kelebihan bagasi. Klik di sini untuk berkunjung ke akun Sriwijaya Air.

3 dari 6 halaman

2. Citilink

Maskapai Citilink secara detail menampilkan biaya bagasi per kg berdasarkan durasi penerbangan. Namun, ada perbedaan antara biaya melalui konter check in dan situs resmi perseroan

Misal, bagasi lebih untuk penerbangan kurang dari 59 menit seharga Rp 15 ribu per kg melalui konter, namun bila melakukannya lewat situs maka menjadi 40 ribu (5 kg) dan 80 ribu (10 kg).

Selengkapnya, klik di sini untuk membandingkan harga kelebihan bagasi di Citilink.

4 dari 6 halaman

3. AirAsia

AirAsia memberikan kemudahan luar biasa bagi penumpang dalam membandingkan harga kelebihan bagasi.

Cukup klik di sini, dan bandingkan harga kelebihan bagasi sebelum dan setelah booking, lengkap dengan ketentuan alat olahraga. Tinggal masukan data bandara keberangkatan dan tujuan.

Misal, Jakarta ke Bali memberikan gratis bagasi untuk 15 kg. Lalu menjadi Rp 88 ribu pada berat 20 kg dan seterusnya. Maksimal kelebihan adalah 40 kg.

5 dari 6 halaman

4. Batik Air

Saat Liputan6.com menghubungi bagian layanan penumpang Batik Air, dijelaskan bahwa maksimal kelebihan bagasi di Batik Air adalah 30 kg. Sebagai gambaran, bagi rute Jakarta ke Manado mencapai Rp 300 ribu. Jakarta ke Surabaya mencapai Rp 480 ribu. Jakarta ke Bali Rp 570 ribu.

Penumpang bisa menghubungi kontak Batik Air untuk meminta informasi lebih lanjut. Klik di sini untuk info dan kontak mengenai bagasi di Batik Air.

6 dari 6 halaman

5. Lion Air

Lion Air akan meniadakan bagasi gratis mereka. Sebelumnya sempat beredar harga bagasi Lion Air untuk penerbangan tiga jam.

Mulai 8 Januari, harga bagasi tambahan 5 kg menjadi Rp 155 ribu, lalu tiap kelipatan 5 kilogram akan terus bertambah hingga mencapai Rp 930 ribu di angka 30 kg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini