Miliarder Ini Malas Bikin Resolusi Tahun Baru, Kenapa?

Oleh Tommy Kurnia pada 17 Jan 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 17 Jan 2019, 07:00 WIB
Ilustrasi menulis
Perbesar
Ilustrasi menulis. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Liputan6.com, Jakarta - Resolusi tahun baru sejatinya berperan sebagai haluan seseorang untuk setahun ke depan. Ada banyak variasi resolusi, seperti membuat klub buku, mengurangi makan gula, belajar bermain alat musik, dan banyak lainnya.

Tidak semua orang peduli atau ingat membuat resolusi. Bila kamu adalah salah satunya, jangan khawatir, miliarder fenomenal satu ini juga tak melakukannya.

Dilansir dari CNBC, miliarder Oprah Winfrey mengaku tidak membuat resolusi tahun baru. Ia memilih menikmati setiap momen yang ia jalani.

"Saya hidup di saat ini. Saya mencoba hidup di momen ini. Saya mencoba melihat apa hal baik apa yang terjadi di situasi mana pun," ujar Oprah Winfrey.

Sang miliarder pun mengaku hati-hati saat membuat permohonan. Oprah mencontohkan ketika meminta keberanian, namun ia khawatir malah akan muncul situasi yang malah mendorongnya agar berani. Alhasil, ia lebih berhati-hati saat menginginkan sesuatu.

Selain Oprah, ada pula Melinda Gates, istri dari Bill Gates. Wanita itu lebih suka memilih word of the year ketimbang resolusi tahun baru.

"Saya percaya dengan memulai tahun baru dengan tekad, tetapi ketimbang mengambil resolusi, saya memilih word of the year, sebuah kata yang menampilkan aspirasi saya selama 12 tahun ke depan," ujar Melinda dalam sebuah pos di LinkedIn.

Tahun 2016, kata pilihan Melinda adalah gentle (kelembutan), lalu spacious (keluasan tempat) agar bisa membuat ruang bagi hal-hal yang sungguh penting, dan tahun 2018 ia memilih grace (rahmat).

Meski tanpa resolusi tahun baru, Melinda dan sang suami terus menyibukan diri mereka dengan menolong orang-orang tak mampu di berbagai penjuru dunia.

2 dari 2 halaman

Prioritas Bill Gates

Lip 6 default image
Perbesar
Gambar ilustrasi

Miliarder Bill Gates menuliskan kisah mengenai makna sukses dalam hidupnya. Ia bercerita, inspirasinya ternyata diperoleh dari Warren Buffett.

Bagi Bill Gates, kesuksesan bukan terkait perusahaan, seperti yang ia lakukan ketika muda. Sekarang, makna sukses berkaitan dengan kebahagiaan orang-orang terdekat. 

"Hari ini tentunya saya masih memerhatikan kualitas pekerjaan saya. Tetapi saya juga bertanya pada diri saya pertanyaan lain. Apakah saya mengabdikan cukup waktu bagi keluarga saya? Apakah saya belajar cukup banyak hal baru?" tulis Bill Gates dalam gatesnotes.

Gates menyebut, ia akan tertawa bila mendengar hal tersebut saat masih 25 tahun. Kini, sang istri dan Warren Buffett telah memberinya pemahaman baru.

"Melinda telah membantu melebarkan pikiran saya pada titik ini. Begitu juga Warren Buffett, yang ukuran suksesnya adalah, 'Apakah orang-orang yang kamu pedulikan mencintaimu balik?' Saya pikir itu adalah ukuran baik yang kamu dapat temukan," kata Gates.

Meski mengungkapkan perasaannya, Gates tetap percaya bahwa inovasi teknologi tetap penting. Saat ini, ia fokus pada proyek-proyek kesehatan, seperti Alzheimer, sanitasi, dan polio.

Warren Buffett juga pernah mengatakan bahwa dirinya sudah tidak perlu uang lagi. Baginya, cinta merupakan ukuran lebih penting dalam hidupnya yang sudah berusia lanjut.  

Lanjutkan Membaca ↓