Sukses

Kemenperin Bakal Perluas Politeknik Industri Morowali

Menperin Airlangga Hartarto menuturkan, Politeknik Industri Logam sangat siap untuk diperbesar kapasitasnya.

Liputan6.com, Morowali - Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan akan memperluas kapasitas Politeknik Industri Logam.

Pihaknya berencana menambah kapasitas sebesar tiga kali dari kapasitas yang ada saat ini.

"Ini keputusan Kementerian Perindustrian, naik tiga kali sehingga masyarakat Morowali bisa diterima bekerja di sini dengan skill yang ada," tutur dia.

 Rencana tersebut, kata dia, akan segera dia sampaikan kepada Presiden Joko Widodo sepulangnya dia dari acara peletakan batu pertama pembangunan pabrik lithium battery di Kawasan Industri Morowali,  Jumat (11/1/2019).

"Saya akan tingkatkan kapasitas politeknik Morowali tadi mau tingkatkan 2 kali, tadi Pak Menko (Menko Maritim, Luhut Binsar Pandjaitan) bilang tingkatkan 3 kali. Saya bilang syaratnya kita sama-sama menghadap Presiden," ujar dia.

Ia mengatakan, Politeknik Industri Logam sangat siap untuk diperbesar kapasitasnya.

"Ini fasilitasnya world class, kita punya lahan 24 hektar. Jadi kalau membesarkan tiga kali tidak ada masalah. Dari segi pendanaan, Pak Luhut bilang jangan khawatir, pemerintah punya uang," ujar dia.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dorong Industri Pertambangan, Kementerian ESDM Dirikan Politeknik

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meningkatkan nilai tambah mineral dan batu bara‎ dengan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) yang‎ akan didirikan di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, hasil eksplorasi mineral dan batubara, selain dimanfaatkan sebagai basis pengembangan, juga harus mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan.

"Hasil eksplorasi mineral dan batubara selama ini dimanfaatkan sebagai basis pengembangan dalam industri pertambangan, namun yang lebih penting harus mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusianya melalui pendidikan untuk kemajuan bangsa," kata Jonan, dikutip dari situs resmi ‎Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat 4 Januari 2019.

Politeknik Energi dan Pertambangan didirikan untuk menjawab tantangan kebutuhan sumber daya manusia vokasi di sektor ESDM yang link and match dengan kebutuhan industri. Pergurun tinggi tersebut, telah mendapat izin dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Politeknik Energi dan Pertambangan akan membuka penerimaan mahasiswa baru pada tahun ini, dengan jumlah mahasiswa baru antara 30-40 orang per program studi. Bagi calon mahasiswa berprestasi, PEP akan memberikan beasiswa khusus serta mencari peluang bekerja sama dengan industri pertambangan dan Pemerintah Daerah untuk meringankan pembiayaan pendidikan.

Pendidikan yang berlangsung di Politeknik Energi dan Pertambangan akan berfokus kepada pendidikan vokasi di bidang Geologi, Mineral, dan Batubara (Geominerba), yakni program pendidikan vokasi Diploma-III yang terdiri dari 3 program studi terapan yaitu Teknologi Pertambangan, Teknologi Geologi, dan Teknologi Metalurgi.

Terkait link and match antara lulusan Politeknik Energi dan Pertambangan dengan kebutuhan industri, sistem Pendidikan di PEP Bandung menerapkan pola Cooperative 4-2 based education, yaitu Pendidikan D-III vokasi dengan 4 semester Pendidikan di kampus, serta 2 semester magang di industri, dengan tenaga pengajar yang terdiri dari dosen dan praktisi profesional di bidang Geominerba.

 

3 dari 3 halaman

Sertifikasi Profesi

Selain itu, untuk menjamin kompetensi lulusan Politeknik Energi dan Pertambangan, para mahasiswa akan mendapatkan sertifikasi profesi di bidang pertambangan yang sudah diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang mengacu kepada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Dengan pendidikan vokasi dan lulusan yang bersertifikat BNSP, PEP diharapkan dapat mencetak calon tenaga kerja terampil yang siap bekerja di industri pertambangan baik lingkup nasional maupun internasional.

PEP Bandung juga berkomitmen tidak hanya mengantarkan para siswa sampai dengan lulus, namun akan selalu membantu para lulusan mendapatkan pekerjaan pada industri.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.