Cerita Luhut Telpon Presiden Bank Dunia untuk Tanya Alasan Resign

Oleh Merdeka.com pada 08 Jan 2019, 21:55 WIB
Diperbarui 08 Jan 2019, 22:17 WIB
Ketika Tiga Menteri Berswafoto Usai Penandatanganan Kerja Sama Antarbank

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari lembaga keuangan internasional. Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim mengumumkan pengunduran dirinya setelah enam tahun menjabat. Pengunduran diri ini berlaku mulai 1 Februari 2019.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengaku setelah mendengar kabar tersebut dia pun mengontak Jim Yong Kim secara pribadi.

Berdasarkan pembicaraan mereka berdua, Luhut mengatakan bahwa Jim berencana untuk bergabung dengan institusi swasta yang fokus pada investasi infrastruktur di negara-negara berkembang.

"Tadi saya telepon dengan Presiden World Bank yang resign, saya tanya kenapa Anda resign. Dia bilang saya mau resign karena dengan partner mau buat satu infrastructure fund untuk emerging market," kata dia saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Lembaga yang menjadi tempat Jim Yong Kim berlabuh nanti, kata Luhut, memiliki kapasitas pendanaan hingga USD 1 triliun.

"Mereka siapkan USD 1 triliun komersial dengan bunga yang lebih bagus. Mereka bisa mobilisasi uang dari berbagai negara," kata Luhut.

Jim Yong Kim, dalam percakapan tersebut, menyebut bahwa Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang paling menarik sebagai tujuan investasi bidang infrastruktur.

"(Kata Jim) Saya lihat indo salah satu tempat yang baik untuk infrastruktur," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu   

Sumber: Merdeka.com

Live Streaming

Powered by