Sukses

5 Tips Membangun Kepercayaan saat Berbisnis

Berikut lima tindakan nyata yang membangun kepercayaan dalam lingkungan bisnis

Liputan6.com, Jakarta - Mendapatkan pelanggan, klien, dan karyawan untuk mempercayai Anda bisa menjadi rumit, tetapi ini sangat penting untuk sukses dan mungkin lebih penting daripada penjualan.

Jika Anda membuat orang lain memercayai Anda, lebih mudah untuk menumbuhkan dan memelihara bisnis Anda dan memberi semua orang layanan yang sangat baik.

Berikut lima tindakan nyata yang membangun kepercayaan dalam lingkungan bisnis, yang dikutip dari Laruno.id. Tindakan ini membangun kepercayaan melalui komunikasi, komitmen, dan kompetensi.

1. Tunjukkan bahwa Anda mempercayai orang lain

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah bermurah hati dan memaafkan ketika orang lain membuat kesalahan atau mengecewakan Anda dalam beberapa cara.

Kebanyakan orang tidak bermaksud kejam atau bodoh, jadi beri mereka manfaat dari keraguan sampai Anda memiliki informasi yang bertentangan yang membuktikan Anda salah. Anda akan merasa lebih baik tentang mereka, dan mereka akan mempercayai Anda atas kemurahan hati Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Ciptakan hubungan yang saling menguntungkan

Pelanggan, rekan kerja, dan karyawan semua ingin percaya bahwa mereka membuat keputusan yang tepat untuk bekerja bersama dengan Anda.

Pelanggan harus memahami dengan jelas nilai produk dan layanan Anda kepada mereka. Demikian juga, karyawan harus merasa senang mengambil kepemilikan dan menunjukkan tingkat kepercayaan yang Anda miliki di dalamnya.

Dengan kata lain, kepercayaan adalah tentang menunjukkan kepada orang-orang bahwa Anda peduli terhadap mereka. Sebagai umpan balik, mereka akan peduli dan mempercayai Anda.

3. Langsung mengatasi masalah

Bagaimana Anda menangani masalah adalah apa yang menanamkan kepercayaan dan kesetiaan. Kepercayaan pelanggan berkembang dan meluas melalui penyampaian layanan, implementasi, perawatan dan dukungan.

Pada setiap langkah, Anda dapat merusak atau meningkatkan pengalaman ini bagi pelanggan Anda. Itulah mengapa sangat penting untuk memenuhi janji jika Anda ingin dipercaya.

Jika Anda ingin dipercaya, Anda harus peduli. Tanggapi keluhan dengan cepat, berbagi informasi, dapatkan kepercayaan diri mereka, Puaskan kebanggaan dan semangat tentang bisnis Anda. Menyelesaikan konflik dengan cepat dapat membangun dan mempertahankan kepercayaan.

3 dari 3 halaman

4. Katakan yang sebenarnya

Jangan pernah berasumsi bahwa orang-orang tertentu tidak dapat menangani kebenaran. Jujurlah dengan karyawan dan pelanggan Anda seperti yang Anda harapkan. Jika Anda terjebak dalam kebohongan, tidak ada yang akan mempercayai Anda.

Menjaga janji Anda juga merupakan bagian dari mengatakan yang sebenarnya. Jangan berkomitmen dengan janji yang tidak dapat Anda berikan. Pikirkan tentang apa yang realistis, dan lakukan yang terbaik untuk mewujudkan kata-kata Anda.

5. Hormati waktu mereka

Banyak orang-orang di masyarakat kita kehilangan rasa kesopanan dan rasa hormat mereka. Agar orang percaya kepada Anda, tingkatkan kesadaran Anda tentang waktu, jadwal, dan kebutuhan orang lain. Ini berarti Anda harus segera balas e-mail, tepat waktu untuk rapat, dan segera menjawab panggilan.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS... Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Liputan6.com hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga, klik di sini untuk daftar: https://laruno.id/rangkuman-fr-mp

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.