Sukses

Bandara Kertajati Tambah Rute ke Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta - Mengawali 2019, Bandara Internasional Kertajati menambah lagi satu rute baru yaitu Kertajati (KJT) - Adi Sucipto (JOG). Rute tersebut akan dimulai penerbangannya pada 11 Januari 2019 mendatang dan dilayani oleh maskapai penerbangan Wings Air.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti, menjelaskan bahwa dengan adanya penambahan rute tersebut dari Kertajati diharapkan akan diikuti pula dengan meningkatnya minat masyarakat untuk terbang dari Kertajati.

"Bertambahnya penerbangan dari Bandara Kertajati ini adalah untuk menciptakan konektivitas masyarakat Jawa Barat pada umumnya dan buffer area Bandara Kertajati yaitu Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan, Subang, Sumedang, Tegal dan Brebes (Ciayumajakuning Susutegbres) pada khususnya ke kota besar di Jawa", jelas Polana dalam keterangan tertulis, Minggu (6/1/2019).

Beroperasinya Wings Air dari Bandara Kertajati ke Jogjakarta akan menambah daftar pilihan terbang masyarakat dan akan menciptakan konektivitas serta menjadikan Kertajati sebagai hub di Jawa Barat untuk terbang ke penjuru negeri. Penerbangan Kertajati-Jogjakarta PP, frekuensinya sepekan tiga kali.

"Sebelum Wings Air dengan rute baru ini, maskapai penerbangan Citilink sudah melayani penerbangan Kertajati ke Surabaya dan Medan pulang pergi. Ada juga maskapai Garuda Indonesia untuk penerbangan Kertajati ke Lampung - Palembang - Balikpapan - Tarakan dan sebaliknya. Maskapai TransNusa juga melakukan penerbangan ke Semarang dan Lampung", tutup Polana.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dua Bus Damri Bakal Layani Rute Bandara Kertajati-Bandung

Sebelumnya, berbagai upaya untuk meramaikan Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat terus dilakukan. Salah satunya dengan mengaktifkan rute Damri pulang pergi Majalengka - Bandung. 

"Jadi Kertajati ini sudah mulai menyiagakan dua tambahan bis kerja sama dengan Damri, dan itu kita pakai untuk membantu beberapa penerbangan  yang ditambah di sana," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, M. Awaluddin pada Sabtu 15 Desember 2018. 

Bus Damri tersebut disiagakan untuk wara wiri mengantarkan penumpang yang akan mengakses Kertajati ataupun sebaliknya, menuju Bandung. Bus itu akan berangkat kurang lebih jam 5 subuh dan jam 7 pagi.  

Sebab, untuk saat ini beberapa maskapai sudah mengoperasionalkan pesawatnya di sana. Seperti Citilink, Garuda dan Lion Air yang sudah melakukan penjualan tiket dari dan menuju ke Bandara Kertajati. 

Apalagi per 15 Desember, Lion Air juga buka rute baru dari Bandara Kertajati. "Di sana itu sudah ada rute favorit, rute Jogja, Kualanamu, Makasar, Denpasar dan Balikpapan," ujar Awaluddin. 

Terlebih menjelang liburan Natal dan Tahun Baru ini, rute tambahan pun sudah dibuka untuk menuju kota-kota besar lainnya. Sehingga, calon penumpang punya alternatif keberangkatan bila mana di bandara tujuan awal habis atau penuh. 

"Jadi banyak pilihan, bisa di Bandara Soetta, Halim, Bandung dan Kertajati," tutur Awaluddin. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.