Sukses

Pascagempa, Pertamina Jamin Pasokan BBM di Maluku Aman

Terminal BBM Wayame adalah pemasok utama BBM jenis Premium, Solar, minyak tanah, Pertalite, Pertamax, dan Dexlite untuk wilayah Kotamadya Ambon dan sekitarnya.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII Maluku Papua memastikan seluruh fasilitas pemasaran Pertamina di wilayah Ambon, Maluku, dalam kondisi aman pascagempa bumi berkekuatan 4,6 Skala Richter (SR) pada Kamis (3/1/2019) pukul 13.21 WIT.

Unit Manager Communication & CSR Marketing Operation Region (MOR) VIII Maluku – Papua PT Pertamina (Persero), Brasto Galih Nugroho, mengatakan fasilitas pemasaran Pertamina yang ada di wilayah Ambon adalah Marketing Branch Pertamina MOR VIII, Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Wayame Ambon. Kemudian Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Pattimura.

Kondisi fasilitas ini dilaporkan aman dan beroperasi secara normal pascagempa yang berpusat di 47 km barat Ambon dengan kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami.

"Seluruh fasilitas pemasaran Pertamina di Ambon, baik Terminal BBM, DPPU serta Marketing Branch serta lembaga penyalur BBM dan LPG (SPBU dan agen) di Ambon dan sekitarnya dilaporkan tidak ada kerusakan dan kegiatan penyaluran BBM dan LPG berjalan dengan normal," kata Brasko, di Jakarta, Jumat (4/1/2019).

Terminal BBM Wayame adalah pemasok utama BBM jenis Premium, solar, minyak tanah, Pertalite, Pertamax, dan Dexlite untuk wilayah Kotamadya Ambon dan sekitarnya.

TBBM Wayame juga merupakan loading port (pelabuhan muat) yang menjadi lokasi transit supply untuk wilayah Timur Indonesia, dengan total 17 tangki timbun berkapasitas 160 ribu KL untuk produk Premium, Pertamax, Pertalite, minyak tanah, Avtur, Solar, Bio Solar, Dexlite, MFO dan Fatty Acid Methyl Ester (FAME)bahan campuran Biosolar.

 

Sementara itu, DPPU Pattimura memiliki fasilitas tiga tangki vertikal dan satu tangki pendam dengan kapasitas total 308 Kilo liter (Kl) Avtur untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara di Bandara Internasional Pattimura.

Pascagempa, TBBM Wayame dan DPPU Pattimura terpantau masih menjalankan aktivitas penerimaan, penimbunan, dan penyaluran BBM secara normal dan aktivitas tidak terganggu, termasuk di 10 lembaga penyalur terdiri 7 SPBU Reguler dan 3 SPBU Kompak di wilayah Kota Ambon.

Brasto menambahkan, apabila memerlukan informasi mengenai layanan pemasaran Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Contact Pertamina 1 500 000.

"Namun kami tetap melakukan pengecekan dan pengawasan menyeluruh untuk memastikan kegiatan penyaluran berjalan dengan lancar," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • maluku

Video Terkini