Sukses

Senang Inflasi 2018 Capai 3,13 Persen, Sri Mulyani Tetap Waspadai Ekonomi Global

Inflasi 2018 sebagian besar disumbang bahan makanan sebesar 0,68 persen.

Liputan6.com, Jakarta Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan inflasi pada Desember 2018 mencapai 0,62 persen. Dengan demikian, inflasi tahunan (year on year) sepanjang 2018 mencapai sebesar 3,13 persen.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengaku senang atas capaian inflasi pada 2018 sebesar 3,13 persen. Sebab, angka ini terbilang lebih rendah dari pada target yang patok pemerintah sebesar 3,5 persen plus minus satu.

"Tadi pagi BPS menyampaikan inflasi Desember 2018, sehingga realisasi inflasi sepanjang tahun 2018 tetap terjaga di 3,13 persen. Ini lebih rendah dari perkiraan awal yang diatas 3,2 persen yang disampaikan di berbagai kesempatan," kata Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (2/1/2019).

Meski terjaga di  level 3,13 persen, Sri Mulyani tetap mewaspadai berbagai indikator perekonomian global yang sewaktu-waktu dapat menggangu tren positif inflasi di 2019. Dengan begitu, keberlanjutan pemerintah dalam mengendalikan inflasi akan terus meningkat.

"Kita tetap harus mewaspadai berbagai indikator dari lingkungan perekonomian global yang masih tidak pasti. Ketidakpastian moneter di AS, perang dagang AS-Tiongkok, dan ini menyebabkan dinamika yang kita lihat di 2018," jelas dia.

 

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi 2018 sebesar 3,13 persen. Inflasi tersebut di bawah target pemerintah dalam APBN 2018 sebesar 3,5 persen plus minus 1 dan di bawah pencapaian pada 2017 sebesar 3,61 persen.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, inflasi 2018 sebagian besar disumbang bahan makanan sebesar 0,68 persen. Namun dari sisi komoditas, kenaikan bensin memberi andil terbesar yaitu 0,26 persen.

"2018 penyebab utamanya bahan makanan 0,68 persen andilnya. Disusul kelompok makanan jadi, minuman, rokok, tembakau, perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar," ujarnya.

Suhariyanto melanjutkan, berbeda dengan 2018, pada 2017 inflasi sebagian besar disumbang oleh kenaikan tarif transportasi, komunikasi dan jasa keuangan. Kemudian, disusul oleh kenaikan tarif dasar listrik (TDL).

"Pada 2017 inflasi 3,61 persen penyebab utamanya pertama transportasi komunikasi dan jasa keuangan. Kedua adalah perumahan, air listrik gas dan bahan bakar. kita ingat pada waktu itu ada kenaikan TDL," jelasnya.

 

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menko Darmin: Inflasi Rendah Bukan Berarti Daya Beli Masyarakat Rendah

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menegaskan bahwa [inflasi ]( 3861337 "")yang terjaga rendah bukan berarti daya beli masyarakat melemah.

"Wah kalau daya beli turun, malah harganya enggak naik. Ini masih ada naik," kata dia di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (2/1/2019).

"Kalau Anda bilang karena demand rendah? Ya enggak. Karena di awal tahun inflasi kita tinggi sekali. Kita coba perlambat," lanjut dia.

Menurut dia, kinerja inflasi yang terjaga rendah disebabkan karena upaya-upaya pengendalian harga yang dilakukan pemerintah, terutama harga komoditas yang berpengaruh terhadap inflasi.

"Kenapa lebih rendah? Karena kita bisa mengendalikan kebutuhan kita yang diukur inflasinya, pangan, distribusi, perhubungan, pendidikan," jelas dia

Melihat data ini, Darmin optimis inflasi 2019 akan lebih rendah dibandingkan tahun lalu. Bahkan inflasi diyakini bisa lebih rendah dari target yang ditetapkan sebesar 3,5 persen.

"Kenapa? Karena kita bisa kendalikan lebih baik. Kalau kalian ingat Januari (2018) inflasi tinggi sekali, malah kita cemas lihatnya, wah celaka nih. Ini inflasi akan meledak berlebihan. Tapi kemudian bisa turun sedikit-sedikit, ingat enggak Februari, Maret, itu negatif inflasinya. Tapi Januari tinggi. Jadi jangan mulai ditafsir hubungannya dengan demand," tegas Darmin.

Sebelumnya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Kecuk Suhariyanto melaporkan inflasi pada Desember 2018 sebesar 0,62 persen. Dengan demikian, inflasi tahunan (year on year) selama 2018 mencapai sebesar 3,13 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.