Sukses

92 Ribu Kendaraan Diprediksi Lintasi Gerbang Tol Cikarang Utama Selasa Ini

Jasa Marga juga telah b‎ekerjasama dengan pihak Kepolisian untuk melakukan Contra Flow dan distribusi beban lalulintas jika dibutuhkan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) memprediksi terjadi peningkatan volume lalulintas (lalin) arus balik yang melintasi Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama arah Jakarta sebanyak 95 ribu kendaraan pada Selasa ini. Angka tersebut meningkat 76 persen dari lalin normal yaitu 53.849 kendaraan.

Senior Specialist Corporate Communications Jasa Marga Irra Susiyanti mengatakan, peningkatan lalin yang juga signifikan diprediksi terjadi di GT Ciawi 2 (arah Jakarta), yaitu sebanyak 44.614 kendaraan, atau meningkat 112 persen dari lalin harian normal sebesar 21.089 kendaraan.

"Serta peningkatan volume lalin di GT Pasteur arah Jakarta 34,69 persen yaitu sebanyak 36.606 kendaraan, dari volume lalin normal sebesar 27.177 kendaraan," ujar dia di Jakarta, Selasa (1/1/2019).

Dalam menghadapi arus balik libur Tahun baru yang diprediksi akan terjadi hari ini, lanjut dia, Jasa Marga telah menyiapkan beberapa strategi diantaranya, p‎ptimalisasi gardu operasi di gerbang tol, p‎enggunaan gardu reversible untuk mengurangi antrean di gerbang tol, p‎emanfaatan mobile reader, m‎elayani pembelian dan top up uang elektronik di beberapa gerbang tol dan rest area, m‎enambah personil untuk perbantuan tapping uang elektronik.

Kemudian, Jasa Marga juga telah b‎ekerjasama dengan pihak Kepolisian untuk melakukan Contra Flow dan distribusi beban lalulintas jika dibutuhkan, serta penertiban pembatasan operasi angkutan barang sesuai Keputusan Menteri Perhubungan dan‎ menempatkan petugas di titik-titik rawan kepadatan.

"‎Khusus untuk di Jalan Tol Jagorawi, melakukan kanalisasi pada akses setelah GT Cibubur 2 untuk mengantisipasi crossing dan perlambatan kendaraan pengguna jalan dari arah Puncak (saat one way turun diberlakukan)," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Khusus Gerbang Cikarang Utama

Sedangkan khusus untuk GT Cikarang Utama, jika terjadi antrean dan atas diskresi Kepolisian, lalin akan dialihkan ke GT Cikarang Barat untuk kemudian masuk kembali melalui Kanal GT Cikarang Utama.

Selain itu, Jasa Marga melakukan zoning rest area untuk memudahkan pengguna jalan sesuai dengan kebutuhannya dan penyiapin Rest Area Monitoring System yang menginformasikan ketersediaan parkir di rest area tersebut.

"Jasa Marga juga mengimbau kepada pengguna jalan yang hendak melakukan perjalanannya untuk mengatur waktu keberangkatan guna menghindari kepadatan lalu lintas, serta memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol," Kata Irra.

"Selain itu, pastikan kondisi tubuh prima serta kecukupan BBM kendaraan sebelum memasuki perjalanan di jalan tol terutama bagi para pemudik yang melakukan perjalanan panjang Tol Trans Jawa," tandas dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.