Sukses

234 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta Jelang Pergantian Tahun

Tercatat total 234.923 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Liputan6.com, Jakarta - Selama tiga hari pada Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019 yakni 28-30 Desember 2018, terpantau ada peningkatan lalu lintas (lalin) signifikan untuk kendaraan yang meninggalkan Jakarta. 

Tercatat total 234.923 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Jumlah tersebut meningkat 37,6 persen dari volume lalin harian normal sebanyak 170.768 kendaraan.

"Khusus untuk lalin pada hari Minggu 30 Desember, Jasa Marga mencatat 68.478 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui GT Cikarang Utama. Walaupun tak naik signifikan seperti dua hari sebelumnya, angka tersebut masih mencerminkan peningkatan sebesar 28,7 persen dari volume lalin normal sebanyak 53.220 kendaraan," ucap AVP Corporate Communications Jasa Marga Dwimawan Heru di Jakarta, Senin (31/12/2018).

Ia menambahkan, Jasa Marga mencatat distribusi lalu lintas dari GT Cikarang Utama ke Jalur Utara via GT Palimanan dan GT Cikampek sebesar 52,3 persen. Sedangkan untuk kendaraan yang menuju Jalur Selatan via GT Sadang dan GT Cileunyi sebesar 47,7 persen.

"Selain di GT Cikarang Utama, Jasa Marga juga mencatat peningkatan lalu lintas harian yang cukup signifikan di sejumlah Gerbang Tol (GT) di antaranya adalah GT Pasteur di Jalan Tol Purbaleunyi dan GT Ciawi di Jalan Tol Jagorawi," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbau Pengguna Jalan Atur Waktu Keberangkatan

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada pengguna jalan yang hendak melakukan perjalanan mudik hari ini untuk mengatur waktu keberangkatan guna menghindari kepadatan lalu lintas serta memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol. 

"Selain itu, pastikan kondisi tubuh prima serta kecukupan BBM kendaraan sebelum memasuki perjalanan di jalan tol terutama bagi para pemudik yang melakukan perjalanan panjang Tol Trans Jawa," tutur dia.

Untuk memonitor kondisi lalin di jalan tol yang dikelola Jasa Marga dapat mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga, yaitu:

Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080, 

Twitter @PTJASAMARGA (khusus informasi lalu lintas) dan @official_JSMR (untuk informasi umum lainnya)

Instagram @official.jasamarga 

Aplikasi Mobile JMCARe dan

Website http://www.jasamarga.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.