Sukses

Sambut Pergantian Tahun, Okupansi Hotel Sepi di Anyer

PHRI kini sedang mengejar pengembalian kondisi wisata di Banten, usai porak poranda dihantam tsunami Selat Sunda pada Sabtu, 22 Desember 2018.

Liputan6.com, Serang - Tingkat keterisian kamar hotel atau okupansi hotel di Anyer, Kabupaten Serang, Banten, saat malam tahun baru nanti, hanya sebesar 10 persen pasca tsunami Selat Sunda menerjang pesisir Banten dan Lampung pada Sabtu 22 Desember 2018.

"Huniannya turun drastis, itu tinggal 10 persen. Malam tahun baru sekarang banyak hotel berubah melakukan istighosah," kata Ashok Kumar, Ketua harian PHRI Banten, saat ditemui di Anyer, Kabupaten Serang, Senin (31/12/2018).

Dia tidak bisa memaksa pengelola hotel melakukan refund atau pengembalian uang muka konsumen, untuk booking hotel saat tahun baru. Ashok mengaku tidak mengetahui, seberapa banyak konsumen hotel yang membatalkan liburannya di hotel wilayah Anyer.

PHRI kini sedang mengejar pengembalian kondisi wisata di Banten, usai porak poranda dihantam tsunami Selat Sunda pada Sabtu, 22 Desember 2018.

"Kami minta kepada pemerintah pusat, kabupaten, provinsi itu lebih banyak melakukan kegiatan rapat-rapat di hotel, karena rapat itu tidak bisa ditunda, rekreasi bisa ditunda. Sehingga adanya perputaran orang di sini," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Imbauan BMKG

Pihak BMKG tetap mengeluarkan imbauan agar tidak ada aktivitas orang, dalam radius 500 meter dari bibir pantai. Lantaran, Gunung Anak Krakatau (GAK) masih berstatus Siaga atau berada di di Level III. 

"Pimpinan kami di BMKG, masih menghimbau warga untuk menjauhi pantai dalam radius 500 meter," kata Admiral Musa Julius, pegawai di pusat gempa bumi dan tsunami, BMKG Pusat, di tempat yang sama, Senin 31 Desember 2018.

Guna memantau kondisi cuaca di sekitar pesisir Banten, BMKG menyiagakan satu unit mobil satelit, yang terus mengupdate kondisi cuaca bahkan gelombang air laut, secara real time, di posko pengungsian Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten 

"BMKG akan terus menginformasikan ke warga perkembangan cuaca, sehingga warga menjadi paham cuaca harian di wilayahnya," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.