Sukses

Pertamina Jamin Pasokan BBM Aman Saat Malam Tahun Baru

Pertamina prediksi konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax Series serta Pertalite akan meningkat sekitar 15-20 persen di sejumlah wilayah

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III yang mencakup wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten memastikan kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) akan tercukupi menjelang malam pergantian tahun.

Unit Manager Communication & CSR MOR III Pertamina, Dian Hapsari Firasati mengatakan, konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM)  jenis Pertamax Series serta Pertalite akan meningkat sekitar 15-20 persen di sejumlah wilayah yaitu di Bogor dan Bandung, Jawa Barat.

Kenaikan disebabkan banyaknya lokasi tujuan wisata dan wisatawan lokal yang meningkat saat liburan sekolah sekaligus perayaan Tahun Baru.

"Sebagian warga Jabotabek berlibur ke Bandung sehingga diperkirakan ada kenaikan konsumsi. Wisatawan lokal juga menghindari area pantai sehingga alternatif liburan adalah dataran tinggi seperti Puncak dan Bogor," kata Dian, di Jakarta, Senin (31/12/2018).

Adapun titik malam pergantian Tahun Baru di wilayah MOR 3 diperkirakan meliputi Puncak, Ciater, Kuningan, Lembang, Cipanas, Garut, serta Pelabuhan Ratu. Selain itu, di Jakarta antara lain Ancol, Monas dan sekitarnya.

Dian menambahkan, kebijakan pemerintah daerah setempat dalam mengurai kemacetan turut mempengaruhi konsumsi bahan bakar saat malam pergantian tahun.

Salah satunya adalah Car Free Night (CFN) seperti yang akan diterapkan di Bekasi dan Jakarta. Sebagian warga Bekasi diperkirakan merayakan Tahun Baru di sekitar pusat perbelanjaan. 

Sementara itu, konsumsi Solar dan Dex Series diperkirakan masih turun hingga satu persen dari kondisi normal, karena kendaraan jenis truk belum diperbolehkan melintas di jalan tol. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Satgas

Pertamina MOR III juga membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 yang akan mulai bertugas sejak 18 Desember 2018 hingga 8 Januari 2019. 

Selama masa Satgas Natal 2018 dan tahun baru 2019 ini pula, Pertamina juga telah menggandeng pihak Kepolisian dan Jasamarga untuk menjamin kelancaran dan kenyamanan mobilisasi masyarakat selama masa liburan akhir tahun.

Di sisi operasional, Terminal BBM milik Pertamina akan beroperasi 24 jam sebagai upaya untuk dapat menyalurkan lebih cepat dibanding kondisi yang biasa. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi BBM dan LPG selama masa libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. 

Layanan tambahan yang disiapkan khusus untuk lonjakan permintaan BBM di masa liburan akhir tahun ini berupa 39 titik SPBU Kantong, 12 titik Kios BBM Kemasan (KIOSK), 24 unit layanan BBM Motor dan 8 titik Mobile Dispenser.

Fasilitas tambahan tersebut tersebar di jalur tol dan titik rawan lainnya yaitu lokasi wisata yang kerap menjadi tujuan liburan.

"Apabila masyarakat masih menemui kesulitan bisa menghubungi Contact Pertamina 1 500 000,” pungkasnya‎.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.