5 Resolusi Keuangan Wajib di 2019

Oleh Nurseffi Dwi Wahyuni pada 30 Des 2018, 12:03 WIB
Diperbarui 30 Des 2018, 12:03 WIB
Ilustrasi
Perbesar
Ilustrasi uang rupiah. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Liputan6.com, Jakarta - Tahun Baru akan segera tiba, kini saatnya bagi Anda untuk membuat resolusi tahun baru. Melalui resolusi tahun baru, kita membuat janji tentang apa saja yang ingin diperbaiki di hidup.

Mungkin ada yang membuat resolusi untuk menurunkan berat badan, dan ada yang membuat resolusi untuk berhenti merokok.

Selain membuat resolusi untuk menghilangkan kebiasaan buruk, mengapa tidak membuat resolusi untuk keuangan Anda. Di resolusi keuangan, Anda membuat target apa saja yang ingin dicapai tahun ini. Mulai dari meningkatkan tabungan, menambah investasi, dan mengurangi utang.

Dan inilah hal-hal yang layak Anda jadikan resolusi keuangan Anda untuk tahun baru, seperti yang dilansir dari money.cnn.com:

1. Membuat anggaran

Saatnya Anda mengambil kalkulator dan benar-benar menghitung kebutuhan pengeluaran yang disesuaikan dengan inflasi yang terjadi. Agar tidak lupa, catatlah rancangan anggaran Anda di sebuah spreadsheet, atau buku kwarto kas.

Catatan ini juga berguna untuk menulis pengeluaran Anda per bulan untuk mengetahui apakah pengeluaran Anda sesuai rencana.

Namun, anggaran Anda bukan saja termasuk pengeluaran, tapi juga tabungan dan pembayaran berbagai cicilan kredit yang mungkin Anda miliki. Dan yang paling penting adalah ketaatan Anda mematuhi rencana.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Mengalihkan penghematan ke tabungan

Liputan 6 default 5
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

Lihat daftar pengeluaran Anda saat membeli anggaran. Lalu, lihatlah di mana Anda bisa melakukan penghematan. Mungkin Anda terlalu sering membeli kopi dari cafe, atau suka membeli aksesoris gadget.

Lalu, berjanjilah untuk mengurangi pembelian tersebut, dan masukkan uang yang Anda hemat kedalam tabungan atau celengan di mana Anda bisa melihat berapa yang Anda hemat.

Melihat hasil dari penghematan akan memotivasi Anda untuk semakin melakukan penghematan lainnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Bayar utang

Pinjamkan Uang ke Teman? Ini 4 Aturan yang Tak Boleh Kamu Langgar
Perbesar
ilustrasi pinjam uang. | via: nextavenue.org

Apakah ada salah satu utang yang Anda yang bisa dilunasi tahun depan, seperti kredit alat eletronik yang telah dibeli?

Maka buatlah komitmen untuk melunasi utang tersebut. Jika Anda memiliki utang yang lebih besar, seperti kredit kendaraan bermotor atau KPR, maka buatlah komitmen untuk tidak pernah telat membayar cicilan.

Selain membayar utang, berjanjilah untuk tidak berutang lagi, khususnya untuk membeli barang konsumtif seperti handphone. Untuk pembelian barang konsumtif, sebaiknya Anda mengumpulkan uangnya dulu, baru membeli barang tersebut.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Gandakan sumber pemasukan Anda

Ilustrasi uang
Perbesar
Ilustrasi uang

Salah satu cara yang bagus untuk mendapatkan penghasilan besar adalah dengan menggandakan sumber pemasukan Anda. Jika Anda bekerja di kantor, maka Anda bisa melakukan bisnis sampingan atau menggunakan waktu bebas Anda untuk melakukan pekerjaan freelance.

Sumber pemasukan ganda tidak hanya akan meningkatkan penghasilan Anda, namun membuat Anda lebih aman karena tidak bergantung pada satu sumber pemasukan saja.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Mulailah berinvestasi

20151113-Ilustrasi Investasi
Perbesar
lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Selain menabung, mulailah berinvestasi. Pelajari berbagai pilihan investasi yang ada di luar sana, mulai dari reksa dana hingga emas.

Namun, selain berinvestasi pada produk investasi, berinvestasilah juga pada diri Anda sendiri. Ambil kursus atau ikut seminar yang akan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan Anda.

Semakin besar potensi yang Anda miliki, maka semakin besar kesempatan Anda untuk meningkatkan pendapatan baik melalui karir yang lebih baik, atau bisnis yang sukses.

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya