6 Trik Liburan Murah di Akhir Tahun

Oleh Nurseffi Dwi Wahyuni pada 28 Des 2018, 19:00 WIB
Diperbarui 28 Des 2018, 20:56 WIB
Traveling Liburan Jalan-Jalan

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang pasti suka berlibur dan jalan-jalan, tapi tidak semua orang mau melakukan hal itu. Alasan utama karena memang tidak ada rencana dan biaya anggaran untuk liburan di akhir tahun.

Padahal sebenarnya jika mau, Anda bisa saja merencanakan liburan. Kunci untuk menjadi mampu membiayai liburan adalah tahu kapan harus berhemat dan kapan harus mengeluarkan uang.

Melansir laman Forbes, berikut ini petunjuk yang bisa Anda lakukan jika ingin pergi liburan akhir tahun namun tetap hemat biaya:

1. Gunakan hadiah dari kartu kredit

Jika Anda pengguna fanatik kartu kredit dan berencana melakukan perjalanan akhir tahun, ambil keuntungan dari kartu kredit seperti promo atau hadiah perjalanan ke suatu tempat.

Carilah promo terbaik dari kartu kredit untuk kebutuhan wisata Anda (misalnya diskon pesawat dan hotel), gunakan kartu untuk semua belanja Anda sepanjang tahun.

Anda akan sangat terkejut betapa cepat imbalan yang bisa Anda dapatkan. Memang kesannya seperti menambah utang, tapi tak ada salahnya melakukan hal ini sesekali, yang penting Anda disiplin saat membayar dan anggap saja ini sebagai imbalan untuk menghargai perilaku belanja rutin Anda.

2. Lakukan perjalan bukan saat musim liburan

Kebanyakan wisatawan yang ingin pergi berlibur adalah di saat musim liburan seperti tahun baru, hari raya atau saat libur anak sekolah, sebaliknya rubah jadwal Anda. Rencanakan liburan di hari-hari biasa dan ambil cuti Anda.

Kebanyakan Hotel dan maskapai penerbangan pasti mengambil keuntungan dari musim puncak perjalanan, seperti liburan panjang, lebaran atau akhir tahun. Sementara jika di hari biasa harga-harga tidak setinggi saat liburan. Anda akan terkejut betapa drastisnya harga turun saat tidak musim liburan.

 

2 of 3

3. Hanya bayar satu untuk semua

Traveling Liburan Jalan-Jalan
Ilustrasi Foto Traveling (iStockphoto)

Jika berencana memesan pesawat, biaya penerbangan adalah yang terburuk. Sebagai wisatawan, Anda harus selalu teliti dengan semua pembiayaan sebelum menyetujui pemesanan pesawat. Saat ini kebanyakan penerbangan menawarkan biaya-biaya lain seperti tambahan bagasi, asuransi, makanan dan tambahan lainnya.

Salah satu biaya tambahan terbesar ketika bepergian adalah biaya bagasi. Jangan sampai tergoda untuk menyetujuinya, setidaknya ini salah satu cara untuk menghemat biaya penerbangan.

4. Manfaatkan paket wisata

Banyak sekali tawaran paket wisata yang bisa Anda manfaatkan. Carilah paket wisata sesuai kemampuan finansial yang Anda miliki, dan nikmati liburan Anda tanpa harus repot mengeluarkan biaya lagi dan mulailah petualangan serta eksplorasikan waktu berharga Anda.

 

3 of 3

5. Membandingkan harga

Traveling Liburan Jalan-Jalan
Ilustrasi Foto Traveling (iStockphoto)

Sebelum menyetujui tawaran paket wisata murah, ada baiknya membandingkan beberapa paket wisata. Carilah di web-web wisata, ada banyak pilihan ketika melakukan pemesanan perjalanan dan akomodasi secara perorangan.

Tentu saja, penting untuk melakukan penelitian biaya dan membandingkan harga sebelum memesan, bisa jadi ada paket lebih murah dari yang sebelumnya dan tentu saja Anda juga lebih hemat biaya.

6. Pilih hal terbaik kedua

Jika tiket pesawat dirasa terlalu mahal, Anda bisa memanfaatkan pilihan terbaik kedua dalam hal moda transportasi atau akomodasi hotel. Mungkin Anda bisa menghemat ratusan atau jutaan rupiah ketika memilih menggunakan kapal, bis atau kereta api, memang perjalanan dirasa lebih lama.

Namun setidaknya biaya yang Anda keluarkan pun jauh lebih murah, atau daripada memesan hotel yang mahal, pilih hotel melati ataupun losmen yang biayanya lebih rendah, sehingga Anda juga jauh lebih hemat dalam pengeluaran.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by