Sukses

Hindari Pakai Baju Warna Oranye Ketika Wawancara Kerja

Memakai warna netral lebih disarankan dalam mencari kerja ketimbang warna oranye.

Liputan6.com, Jakarta - Psikologi warna ternyata tidak hanya penting dalam mendesain ruangan. Ketika wawancara kerja, ada warna yang baiknya dihindari: oranye.

Dilansir dari Southern Living, warna oranye memiliki asosiasi dengan sifat tidak profesional. Temuan itu berdasarkan survei 2.099 manager pencari kerja.

Survei dilakukan pada CareerBuilder pada 2013, dan hingga hari ini CareerBuilder menyebut hasilnya masih relevan bagi pencari kerja masa kini.

Tentu memakai warna oranye tidak akan langsung menghilangkan kesempatanmu pada wawancara kerja. Namun, kesan pertama pada wawancara penting, sehingga lebih baik menghindari pakaian yang malah membuat pewawancara mengingat pakaian kita ketimbang kualitas kita.

"Tujuan wawancara adalah mengkomunikasikan nilai unik apa yang kamu bawa ke perusahaan dan budayanya. Aturan pegangan: pastikan orang-orang mengingatmu ketimbang pakaianmu," ujar Michelle Amer, chief people officer CareerBuilder.

Marty Lundstrom, pendiri Polished Professionals, mengajak agar menyiapkan pakaian wawancara sebelum Hari-H. Jadi, pada hari wawancara kerja kamu tak perlu pusing memikirkan pakaian yang pas.

Lundstrom juga menyarankan mencari tahu kultur perusahaan mengenai dress code. Andalkan media sosial untuk melihat bagaimana pegawai di sana berpakaian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Coba Warna Netral

Bila tak tahu memakai warna apa, pakailah warna-warna netral. Manager pencari kerja terutama suka warna biru dan hitam yang masing-masing memberi kesan pemain tim dan kepemimpinan.

Warna abu-abu juga menjadi pilihan karena membuat kesan sifat logis. Selanjutnya, putih menandakan orang yang terorganisir dan cokelat sebagai pribadi yang bisa diandalkan.

Ann Sundstrom dari blog 9to5chic, menyarankan warna navy, abu-abu, krim, dan hitam. "Namun, pada wawancara berikutnya, saya pikir tak apa-apa untuk sedikit bersantai (dala memilih warna) dan biarkan kepribadianmu bersinar sedikit lebih banyak."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.