Citilink Luncurkan Fasilitas WiFi Gratis Saat Penerbangan

Oleh Merdeka.com pada 28 Des 2018, 13:29 WIB
(Foto: Merdeka.com/Wilfridus S)

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia resmi mengumumkan aktivasi inflight connectivity yaitu fasilitas wifi gratis dalam penerbangan.

Fasilitas ini untuk menambahkan kenyamanan penumpang Citilink Indonesia sehingga tetap eksis di ketinggian 35.000 kaki yang mulai dapat dinikmati pelanggan Citilink Indonesia mulai Jumat 28 Desember 2018.

"Menjadi maskapai digital pertama di Indonesia merupakan salah satu misi penting bagi Citilink Indonesia untuk memberikan layanan LCC terbaik kelas dunia. Hal ini semata untuk memenuhi kebutuhan konsumen kami yang saat ini didominasi oleh kelompok milennials digital di Indonesia." kata Direktur Utama Citilink Indonesia. Juliandra Nurtjahjo di Jakarta, Kamis (28/12/2018). 

Pada Jumat pekan ini, sebagai bagian dari perjalanan Citilink Indonesia untuk menjadi maskapai digital, satu pesawat Citilink Indonesia telah resmi beroperasi dengan menggunakan teknologi WiFi GX Aviation System yang dapat dinikmati penumpang secara gratis. 

"Hari ini sudah beroperasi di satu pesawat kita rute Cengkareng-Depansar, lalu Denpasar-Cengkareng, kemudian Cengkareng-KNO (Kualanamu, Medan)," ujar dia.

Juliandra menjelaskan, fasilitas free wifi ini sejalan dengan target Citilink Indonesia untuk menjadi digital airline yang akan mempermudah konektivitas masyarakat pada saat ini yang memiliki tingkat mobilitas yang semakin tinggi.

Ditambah menawarkan pengalaman yang berbeda pada penumpang yang didominasi oleh kelompok milennials berumur antara 20 hingga 35 tahun yang sudah terbiasa beraktivitas secara digital dalam kehidupan sehari hari. 

"Setiap penumpang akan mendapatkan masing-masing 50 Mbps itu cukup untuk lakukan pengiriman pesan, chatting dan lainnya di rata-rata penerbangan kita yang 1 jam," ungkapnya.

Ke depannya pemanfaatan digitalisasi tidak hanya terbatas pada layanan konektivitas WiFi tapi akan menyentuh ke seluruh lini operasional penerbangan sehingga tidak hanya penumpang yang dapat menikmati layanan hassle free Citilink tapi dapat dinikmati oieh seluruh stakeholders Citilink Indonesia baik internal maupun eksternal. 

"Citilink Indonesia berharap program ini menjadi suatu terobosan dalam dunia penerbangan dan menjadi legacy dalam dunia digital Indonesia," ujar Juliandra.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

 

2 of 2

Targetkan 50 Pesawat Terpasang Wifi hingga 2020

Citilink Terapkan Electronic Flight Bag di Kokpit Pesawat
Citilink tercatat sebagai maskapai Indonesia pertama yang menerapkan Electronic Flight Bag di Kokpit Pesawat.

Manajemen Citilink menargetkan hingga 2020 sudah ada 50 pesawat Citilink yang terpasang fasilitas tersebut.

"2020 sudah selesai semua," kata dia.

Sedangkan untuk tahun depan, ditargetkan ada 19 pesawat lagi yang sudah dilengkapi fasilitas Wi-Fi gratis. "Sampai September (tahun 2019) mendatang 19 pesawat kita akan dilengkapi Wi-Fi. Sehingga sampai akhir tahun (2019) ada 20 pesawat," tutur dia.

Dia mengataka, per hari ini sudah beroperasi di satu pesawat dengan fasilitas Wi-Fi gratis. Pesawat tersebut melayani rute Cengkareng-Depansar, Denpasar-Cengkareng, kemudian Cengkareng-KNO (Kualanamu, Medan).

"Satu pesawat kita hari ini, penerbangan Cengkareng-Denpasar Wi-Finya telah live. Mereka departure 8.30 jam pagi tadi jam 9.17 saya dan tim terima live foto dari ketinggian 35 ribu feet gambaran suasana di dalam pesawat. Jadi saya sampaikan produk kota telah resmi launching pada pagi hari ini," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓