8 Resolusi Keuangan Terbaik di Tahun Baru

Oleh Tommy Kurnia pada 28 Des 2018, 06:00 WIB
Diperbarui 28 Des 2018, 06:00 WIB
Ilustrasi
Perbesar
Ilustrasi uang rupiah. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Liputan6.com, Jakarta - Apa kamu sudah membuat resolusi tahun baru? Bila diperhatikan, ada resolusi tahun baru yang menguras uang, seperti travel, dan sebaliknya pun berlaku, yaitu resolusi yang menghasilkan uang.

Dilansir dari Readers' Digest, terdapat 8 resolusi yang sebetulnya sederhana untuk menghasilkan uang yang bisa dimulai dari hal kecil, seperti menghentikan langganan tak perlu, hingga mengganti provider jaringan dengan yang lebih sederhana.

Saran lain pun termasuk lebih cerdas dalam mengatur kartu kredit serta utang-utangnya. Berikut 8 resolusi tahun baru yang bisa kamu ikuti untuk menambah duit di dompet.

1. Kurangi Langganan Bulanan yang Tak Perlu

Zaman sekarang banyak langganan-langganan digital menarik untuk anak muda. Dengan harga kisaran Rp 50 ribu untuk musik,seratus ribu untuk streaming film dan serial TV. Ada pula membership gym yang menghabiskan uang.

Harganya mungkin tidak terlalu mahal, tetapi bila kamu langganan terlalu banyak, bayaran per bulan pun semakin bengkak. Coba cek mana saja layanan yang sebetulnya kamu pakai dan tidak. Hentikan langganan yang tidak kamu gunakan.

2. Prioritaskan Bayar Utang Kartu Kredit

Sudah jelas bahwa utang kartu kredit bisa menguras uang yang kamu dapatkan lewat kerja keras. Belum pula menyangkut masalah credit score bila penggunanya tidak disiplin membayar.

Sebagai resolusi tahun baru, batasilah pemakaian kartu kredit dengan rasio pemakaian 10 persen. Otomatis, utang kredit pun bisa berkurang.

2 dari 3 halaman

Cek Barang Tak Terpakai

Setrika Menyetrika Baju
Perbesar
Ilustrasi Foto Setrika (iStockphoto)

3. Jual Baju Bekas

Jual barang bekas (decluttering) semakin mudah dengan e-commerce. Barang yang dijual tak perlu yang mahal-mahal, barang-barang yang harganya terjangkau pun bisa dijual.

Enaknya lagi, menjual barang bekas bisa menambah ruang di dalam rumah. "Decluttering membebaskan ruang di rumah kamu dan menciptakan lingkungan yang lebih sehat," ujar Joshua Becker, penulis The Minimalist Home.

4. Bila Diskon, Jangan Kredit

Bila sudah diskon, lebih baik membayar langsung dengan full. Menurut pendiri EarlyMorningMoney.com, ada beberapa pembelian yang membuat kamu lebih hemat bila langsung membayar full barang-barang yang sedang diskon. Maka jangan langsung terbuai angka, tetapi coba itung lagi.

5. Awasi Skor Kredit

Skor kredit yang bagus bisa menghemat kita uang dalam berbagai cara. Salah satu contohnya adalah mendapat bunga pinjaman yang lebih rendah.

Maka, jadikan resolusi tahun baru agar lebih rajin mengecek skor kredit kamu secara berkala di tahun 2019.

 

3 dari 3 halaman

Cari Benefit dari Layanan

laptop
Perbesar
Ilustrasi laptop (iStockPhoto)

6. Coba Ganti Provider

Bandingkan harga provider kamu dengan yang lainnya. Mana yang menawarkan harga paling bersaing?

Ini berlaku untuk provider jaringan telepon, internet, dan kabel TV. Selain harga bersaing, lihat pula apakah provider lain menyediakan benefit tambahan.

7. Tantang Diri Sendiri untuk Menabung

Ada orang yang menantang diri mereka untuk travel ke lebih banyak tempat, diet, atau membaca lebih banyak buku. Cobalah lakukan tantangan yang sama untuk menabung.

Tidak perlu langsung menyimpan uang banyak-banyak. Cobalah sedikit-sedikit tiap minggunya sampai uang kamu bertambah banyak di akhir tahun.

8. Lebih Sering Masak di Rumah

Makan di luar memang lebih nyaman, tetapi makan di rumah bisa jauh lebih hemat bila kamu perlu menabung uang. Coba cek di internet mengenai menu-menu sederhana. Hal positif lainnya adalah kamu bisa mulai belajar masak.

 

Lanjutkan Membaca ↓