Sukses

Peringati Hari Ibu, Cek Kesehatan Dibayar dengan Sampah

Melalui Bank Sampah Berlian masyarakat bisa menjadi nasabah dan menukarkan sampah yang sudah disetorkan untuk nantinya ditukar menjadi rupiah.

Liputan6.com, Jakarta -  Ada yang menarik dari peringatan Hari Ibu di Kelurahan Jaya Mukti, Kecamatan Dumai Timur, Dumai. Di mana masyarakat bisa membayar cek kesehatan dengan sampah. Hal tersebut terlihat pada acara “Bakti Sosial Hari Ibu” yang diselenggarakan oleh Bank Sampah Berlian bekerja sama dengan Pertamina dan Puskesmas Jaya Mukti, Sabtu (22/12/2018).

Unit Manager Communication & CSR Pertamina Muslim Dharmawan menyampaikan, pihaknya sangat mendukung kegiatan bakti sosial yang dijalankan oleh Kelompok Bank Sampah Berlian yang merupakan binaan CSR Pertamina.

“Melalui kegiatan ini kami kembali mengajak masyarakat untuk merubah mindset, bahwa sampah bisa menjadi berkah, salah satunya contohnya adalah untuk cek kesehatan,” kata Muslim.

Tidak hanya itu, melalui Bank Sampah Berlian masyarakat bisa menjadi nasabah dan menukarkan sampah yang sudah disetorkan untuk nantinya ditukar menjadi rupiah atau barang-barang yang bernilai.

Ketua Kelompok Bank Sampah Berlian, Isnaini menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pertamina dan Puskesmas Jaya Mukti yang telah mendukung kegiatan ini hingga dapat terlaksana dan mendapatkan respon yang baik dari masyarakat.

“Ini merupakan salah satu promosi kami agar semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk menjadi nasabah bank sampah kami, dengan demikian masalah sampah akan semakin teratasi dan masyarakat juga dapat memetik keuntungan,” ungkap Isnaini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Memberikan Manfaat

Kepala Puskesmas Jaya Mukti, Anneliza mengatakan pihaknya menyambut baik kegiatan yang diajalankan dalam rangka peringatan hari ibu tersebut.

“Sudah menjadi tugas kami untuk menyehatkan masyrakat, namun dengan kolaborasi seperti ini tentunya akan semakin menambah nilai manfaat yang diterima masyarakat yaitu dari aspek kebersihan lingkungan maupun kesehatan jasmani,” ujar Anneliza.

Muslim menambahkan kegiatan tersebut setidaknya diikuti oleh 100 orang yang melalukan cek kesehatan dan membayar dengan sampah.

“Kami berharap kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terus dijalankan dan direplikasi di tempat-tempat lainnya,” tutup Muslim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.