Sukses

16 BUMN Kucurkan Rp 21,4 Miliar untuk Berbagi Kasih di Ambon

Bantuan BUMN disalurkan ke banyak pihak seperti kepada anak-anak yatim dan terkait rumah adat. Nelayan dan Universitas Pattimura pun juga mendapat bantuan.

Liputan6.com, Maluku - Sebanyak 16 BUMN bersinergi menggelar acara sosial di Ambon, Maluku. Total dana yang dikeluarkan pada acara bertema Spirit of Millenials Social Day ini mencapai Rp 21,4 miliar.

Beberapa pejabat BUMN pun ikut meramaikan acara ini. Mereka antara lain, Dirut Jasa Raharja Budi Rahardjo, Dirut ASDP Ira Puspadewi, Dirut Pelni Insan Purwarisya L Tobing, dan Dirut Pelindo IV Farid Padang. Sementara BNI diwakilkan Direktur Bisnis Ritel Tambok P Setiawati.

"Seluruh kegiatan kalau dari BUMN kurang lebih Rp 21 miliar. Ini menunjukkan, pertama bahwa BUMN hadir untuk negeri dan kita berbagi kasih," ujar Budi Rahardjo, di Ambon, Jumat (21/12/2018).

Dia menjelaskan, bantuan disalurkan ke banyak pihak seperti kepada anak-anak yatim dan terkait rumah adat. Nelayan dan Universitas Pattimura pun juga mendapat bantuan.

Deputi Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha BUMN Aloysius Kiik Ro dan Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis juga turut hadir.

Di depan anak-anak, mereka mengungkapkan pada bahwa mereka juga berasal dari wilayah Timur Indonesia. Aloysius dan Tambok tampak aktif bersenda gerau bersama para anak yatim-piatu.

Acara ditutup dengan peletakan batu pertama pembangunan gedung inkubator bisnis di Universitas Pattimura dengan nilai proyek Rp 10 miliar yang disokong 11 BUMN.

Daftar bantuan yang diberikan BUMN, sebagai berikut:

1. Pembangunan Dermaga/Tambatan Perahu Dusun Ketapang Loki, Kec. Huang Mual: Rp 1 miliar (Jasa Raharja)

2. Bantuan untuk Gereja Bethsaida, Gereja Ebenheizer Gunung Nona, Panti Asuhan Caleb House, Yayasan Pelita Kasih, SLB Leliana, dan Panti Asuhan Maria Mediatrix): Rp 600 juta (Jasa Raharja, BNI, ASDP, Perinus)

3. Pembangunan Pemukiman Masyarakat Adat - Bantuan perbaikan 28 rumah adat Suku Mausu di Maluku Tengah melalui Kodam XIV Pattimura: Rp 1,37 miliar (Jasa Raharja, BNI, ASDP, dan Perinus)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Lain

4. Pemberian bantuan 50 perahu nelayan melalui Perum Perindo: Rp 2,5 miliar (Pelindo IV dan Taspen)

5. Santunan dan bingkisan natal untuk anak-anak: Rp 210 juta (Jasa Raharja, BNI, ASDP, dan Perinus)

6. Bantuan penyerahan mobil pintar kepada PAUD dan beberapa sekolah di Maluku: Rp 525 juta (Askrindo)

7. Bantuan pembangunan sarana atau gedung sekolah melalui Pelindo IV, yaitu SD Inpres No.20 Ambon, SD Negeri 42 Ambon, SD Negeri 69 Ambon, SMK Muhammadiyah Talake, dan MTs Negeri Ambon Filial Air Salobar: Rp 750 juta (Pelindo IV)

8. Menyediakan elektrifikasi untuk 1.000 rumah di daerah 3T (Terdepan, Tertinggal, Terluar): Rp 1,36 miliar (PLN)

9. Mengadakan pemberian beasiswa kepada 35 orang mahasiswa Universitas Pattimura dan mobil pintar untuk PAUD Aurora di Ambon: Rp 756 juta (Askrindo)

10. Bantuan Sarana Air bersih untuk 1.601 penduduk di dusun Wayasel, Kab. Seram Bagian Barat: Rp 2,7 milyar (Bank BTN, BRI, Mandiri, dan BNI)

11. Bantuan life jacket kepada pelayaran rakyat yang terletak di 6 kota (Makassar, Surabaya, Manado, Kupang, Balikpapan, dan termasuk di kota Ambon) sebanyak total 1.500 buah. Untuk di Kota Ambon akan dibagikan 300 life jacket.

12. Pembangunan Gedung Inkubator Bisnis Universitas Pattimura: Rp 10 Miliar (BRI, BNI, Mandiri, BTN, PGN, Jasa Raharja, Telkom, Pertamina, PLN, Adhi Karya, dan Virama Karya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini