Sukses

AP II Prediksi Puncak Arus Mudik Angkutan Udara Terjadi Sabtu Esok

Untuk momen mudik Natal dan Tahun Baru, AP II membuka posko mulai 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019. ‎

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura II (AP II) memprediksi puncak arus mudik, khususnya untuk angkutan udara, pada Natal dan Tahun Baru akan terjadi pada Sabtu, 22 Desember 2018, esok. Sementara untuk arus balik akan terjadi pada 2 Januari 2019.

Dalam wawancara khusus dengan Liputan6.com, Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, untuk Natal dan Tahun Baru sendiri, pihaknya membuka posko mulai 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019. ‎

"Jadi tanggal 20 Desember sampai 6 Januari 2019 itu periode Posko Natal dan Tahun Baru (Nataru). Kita akan mengawal sekaligus melakukan pengendalian monitoring terhadap angkutan udara untuk periode Natal dan Tahun Baru," ujar dia di Kantor Pusat Angkasa Pura II, seperti dikutip Jumat (21/12/2018).

Dia menjelaskan, untuk angkutan udara, puncak arus mudik Natal diperkirakan pada H-3, yaitu pada Sabtu esok. Hal ini lantaran masyarakat mulai memasuki masa libur panjang.

"Kita perkirakan untuk angkutan Natal puncak di H-3 yaitu tanggal 22 Desember 2018, Sabtu dan Minggu ini," kata dia.

Sementara untuk puncak arus balik, lanjut Awal, diprediksi akan terjadi setelah perayaan tahun baru, yaitu pada 2 Januari 2019.

Sementara selang waktu antara puncak arus mudik dan arus balik ini, jumlah penumpang angkutan udara akan sedikit menurun.

"Agak sedikit longgar karena akan ketemu lagi nanti di arus balik, itu di H+1 tanggal 2 Januari 2019. Tapi jangan lupa, diantara Natal dan Tahun Baru itu juga kan banyak orang yang liburan," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kota Ini Jadi Tujuan Favorit Saat Libur Natal dan Tahun Baru

PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) memperkirakan jumlah penumpang di 16 bandara yang dikelolanya meningkat saat libur Natal dan tahun baru 2019. Perkiraan, jumlahnya melonjak 10,50 persen mencapai 6,7 juta penumpang dibandingkan 6 juta penumpang tahun lalu.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, pada libur akhir tahun ini setidaknya ada beberapa kota yang menjadi tujuan populer oleh masyarakat.

"Untuk penerbangan domestik antara lain Denpasar, Surabaya, Kualanamu, Makassar, Jogja. Sedangkan untuk penerbangan internasional antara lain Singapura, Kuala Lumpur, Jeddah, Hongkong, Bangkok," kata Awaluddin kepada wartawan, Jumat (21/12/2018).

Dia menambahkan, pelaksanaan layanan angkutan Natal 2018 dan tahun 2019 akan berlangsung pada 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019 dengan perkiraan arus puncak Natal pada H-3 dan perkiraan arus puncak tahun baru pada H+1. Sedangkan perkiraan puncak arus balik terjadi pada 2 Januari 2019. 

Menurut Awaluddin, persiapan angkutan Natal dan Tahun Baru setiap tahunnya tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, hanya saja pelayanan yang diberikan di tahun ini memang jauh lebih lengkap dibandingkan sebelumnya, khususnya layanan berbasis digital. 

"Untuk mengantisipasi hal tersebut, kami senantiasa melakukan pengecekan kesiapan layanan sisi udara maupun sisi darat. Selain itu, kami mempersiapkan sekitar 4000 personil serta 2000 personil bantuan dari TNI dan POLRI untuk mengawal angkutan natal dan tahun baru ini ditambah juga dengan sejumlah layanan berbasis digital guna memberikan kemudahan serta pelayanan terbaik  kepada penumpang," tambah Awaluddin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.