Sukses

Kota Ini Jadi Tujuan Favorit Saat Libur Natal dan Tahun Baru

PT Angkasa Pura II (Persero) memperkirakan jumlah penumpang di 16 bandara yang dikelolanya meningkat saat libur Natal dan tahun baru 2019.

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura II (Persero) (AP II) memperkirakan jumlah penumpang di 16 bandara yang dikelolanya meningkat saat libur Natal dan tahun baru 2019. Perkiraan, jumlahnya melonjak 10,50 persen mencapai 6,7 juta penumpang dibandingkan 6 juta penumpang tahun lalu.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, pada libur akhir tahun ini setidaknya ada beberapa kota yang menjadi tujuan populer oleh masyarakat.

"Untuk penerbangan domestik antara lain Denpasar, Surabaya, Kualanamu, Makassar, Jogja. Sedangkan untuk penerbangan internasional antara lain Singapura, Kuala Lumpur, Jeddah, Hongkong, Bangkok," kata Awaluddin kepada wartawan, Jumat (21/12/2018).

Dia menambahkan, pelaksanaan layanan angkutan Natal 2018 dan tahun 2019 akan berlangsung pada 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019 dengan perkiraan arus puncak Natal pada H-3 dan perkiraan arus puncak tahun baru pada H+1. Sedangkan perkiraan puncak arus balik terjadi pada 2 Januari 2019. 

Menurut Awaluddin, persiapan angkutan Natal dan Tahun Baru setiap tahunnya tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, hanya saja pelayanan yang diberikan di tahun ini memang jauh lebih lengkap dibandingkan sebelumnya, khususnya layanan berbasis digital. 

"Untuk mengantisipasi hal tersebut, kami senantiasa melakukan pengecekan kesiapan layanan sisi udara maupun sisi darat. Selain itu, kami mempersiapkan sekitar 4000 personil serta 2000 personil bantuan dari TNI dan POLRI untuk mengawal angkutan natal dan tahun baru ini ditambah juga dengan sejumlah layanan berbasis digital guna memberikan kemudahan serta pelayanan terbaik  kepada penumpang," tambah Awaluddin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada 613 Penerbangan Tambahan

Sementara itu bila dibandingkan tahun lalu, diperkirakan pada tahun ini pertumbuhan pergerakan pesawat mencapai 7,5 persen dengan total pergerakan diseluruh bandara yang dikelola Angkasa Pura II mencapai 45.600 pergerakan dibandingkan 42.400 pergerakan tahun lalu. Selain itu, akan ada 613 extra flight dalam periode Natal dan Tahun Baru ini. 

Oleh karena itu, dalam rangka mendukung kesuksesan angkutan udara Natal dan tahun baru 2019, manajemen Angkasa Pura II memberikan apresiasi kepada pihak maskapai dengan menjalankan program cash back 100 persen tarif pelayanan jasa pendaratan, khusus untuk penambahan penerbangan (extra flight) domestik dengan tipe pesawat narrow body. 

“Kami juga memberikan program cash back kepada maskapai yang akan membantu kelancaran momen natal dan tahun baru 2019. Ini bentuk komitmen kami untuk memberikan pelayanan optimal baik kepada penumpang, juga kepada pelanggan kami para maskapai dan ini berlaku diseluruh bandara yang kami kelola,” tutur Awaluddin. (Yas)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.