Sukses

Pertamina Optimalkan Pasokan BBM di Tol Trans Jawa

PT Pertamina (Persero) mendukung pengoperasian tol Trans Jawa, dengan menyiapkan layanan BBM bagi masyarakat yang akan melintas di ruas tol tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa ruas terbaru Tol Trans Jawa yang menghubungkan Merak hingga Grati, Pasuruan, Jawa Timur telah diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). 

PT Pertamina (Persero) mendukung pengoperasian tol Trans Jawa, dengan menyiapkan layanan BBM bagi masyarakat yang akan melintas di ruas tol tersebut selama masa libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru).

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Adiatma Sardjito mengatakan, Pertamina akan mengoptimalkan tambahan layanan BBM dengan dibukanya akses Jalan Tol Trans Jawa.

Tambahan layanan itu antara la 31 layanan KiosK Pertamax, 16 motor kemasan dan 19 mobil dispenser di rest area sepanjang jalur tol tersebut.

Adiatma menyatakan, tempat istirahat (rest area) dan parking bay jalur tol Trans Jawa dari Merak–Pasuruan terdapat 57 titik. Hal itu antara lain 39 titik Rest Area tipe A (rest area dengan fasilitas SPBU) dan 18 titik rest area tipe B (tanpa fasilitas SPBU). 

"Berkaca pada pengalaman Satgas Ramadhan dan Idul Fitri 2018, pengoptimalan beberapa titik tol fungsional sebelumnya dengan disediakan kios kemasan pertamax yang menjual BBM kemasan, mobil dispenser hingga motor kemasan dapat membantu masyarakat memperoleh kebutuhan BBM terutama juga dapat mengurai kemacetan selama mudik," paparnya, Jumat (21/12/2018).

"Selain itu, sepanjang jalur Tol Trans Jawa sudah terdapat 31 SPBU yang beroperasi dan siap melayani kebutuhan BBM masyarakat," dia menambahkan.

 

*Seperti apa wujud fisik jalan tol Trans Jawa? Anda dapat menyaksikan di acara Jalan Bareng Yuk Ekspedisi Tol Trans Jawa pada 24 Desember 2018 Pukul 09.00-10.00 WIB di SCTV

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Optimalkan Pelayanan Natal dan Tahun Baru

Pertamina prediksi kenaikan konsumsi penyaluran BBM jenis Gasoline sebesar 99,7 ribu Kilo Liter (KL) atau naik 5,6 persen dari kondisi normal, sementara BBM jenis Gasoil naik sekitar 2,5 persen dari kondisi normal, yakni sebesar 41,2 ribu KL. 

Pada Satgas Nataru 2018, diprediksi permintaan tertinggi konsumsi BBM akan terjadi pada Sabtu, 22 Desember 2018. Pada waktu tersebut bersamaan dengan libur panjang cuti bersama dan libur anak sekolah. Sedangkan, arus balik tertinggi diprediksi pada Sabtu, 5 Januari 2019.

"Dengan adanya tambahan titik layanan BBM di ruas Tol Trans Jawa ini, kami harapkan mampu mengoptimalkan pelayanan selama Natal dan Tahun Baru sehingga mampu mencukupi kebutuhan masyarakat selama periode libur panjang tersebut,” ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.