Sukses

Ini Alasan Mengganti Jalan Karier Bisa Bikin Kamu Lebih Bahagia

Tidak cepat puas dengan karier yang ada sekarang ini memang hal yang lumrah. Oleh sebab itu, kamu mau mencoba mencari passion baru.

Liputan6.com, Jakarta Tak dimungkiri, mengganti karier itu bisa memengaruhi kebahagiaan kamu. Kondisi karier yang baik dan sesuai dengan target misalnya, bisa membuat kamu lebih dihargai orang lain dan mendapat bonus.

Namun, bila karier tersebut bukan passion kamu, tentunya hal itu juga tak bisa dipaksakan, kan? Oleh sebab itulah, mengganti karier tak ada salahnya!

Alasan Mengubah Karier Bisa Buat Lebih Bahagia

Tidak cepat puas dengan karier yang ada sekarang ini memang hal yang lumrah. Oleh sebab itu, kamu mau mencoba mencari passion baru atau yang sesuai dengan tujuan hidupmu.

Tak ada salahnya. Malah, itu bisa berpengaruh pada kebahagiaanmu nantinya. Namun, tentunya kamu harus membuat rencana mengganti karier lebih dulu.

Memang, rasa takut di awal mengubah karier bisa terjadi. Takut karier baru yang dijalani malah membuat keadaan lebih buruk, mendapatkan atasan yang sulit, dan lainnya.

Namun, sekali lagi kamu bisa bahagia dengan apa yang kamu ambil asal itu sesuai dengan passion kamu dan tak ada yang memaksanya.

Bagaimana Caranya Bahagia Ketika Mengganti Karier?

1. Pastikan Pilihanmu Tak Salah

Menurut Swara Tunaiku, hal pertama yang harus kamu lakukan ketika memutuskan untuk mengganti karier adalah pastikan bahwa pilihan yang kamu ambil tidak salah. Kamu punya alasan yang kuat untuk keluar dari pekerjaan lama dan memilih karier baru.

Oleh sebab itu, pada tempat baru usahakan untuk tidak membuat kesalahan memilih pekerjaan yang salah agar bisa bahagia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Lakukan Pengamatan

Hal lain yang seharusnya kamu lakukan sebelum pindah karier adalah melakukan pengamatan. Lihat, karier apa yang benar-benar mewakili passion kamu.

Jangan karena melihat hal ini sepertinya bagus dan sepertinya cocok, kamu langsung berubah. Kenali lebih dulu seberapa cocok kamu dengan karier baru tersebut.

Selain itu, lihat juga prospek ke depan dari pekerjaan baru yang kamu ambil. Entah itu perusahaannya atau stabilitas kurang atau karena bidang bisnisnya yang kurang kekinian dan sepi peminat.

Kalau hal itu terjadi, bukannya tambah bahagia, malah kamu bisa jadi makin tambah banyak pikiran. Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan riset lebih dulu sebelumnya.

3. Bangun dan Perluas Relasi

Cara lainnya adalah kamu harus bangun dari sisi nyamanmu dan perluaslah relasi. Dalam dunia profesional, kepercayaan adalah nomor satu.

Oleh sebab itu, kamu harus mencari orang-orang yang bisa mempercayaimu. Pertama, kamu bisa coba keluar dari sisi nyamanmu dan buktikan pada orang-orang kamu bisa.

Kamu bisa tunjukkan ini pada orang-orang yang mengenalmu lebih dulu. Oleh sebab itu, baiknya kamu memperluas relasi lebih dulu sebelum memutuskan untuk mengganti karier.

Tak susah, kok untuk memperluas relasi ini. Kamu bisa menggnakan bantuan media sosial seperti Facebook atau Instagram untuk mencari orang yang memiliki minta sama denganmu.

3 dari 3 halaman

4. Bukan Keputusan yang Mudah

Selain itu, kamu juga harus sadari bahwa pindah karier ini bukan keputusan yang mudah. Ada hal yang harus kamu korbankan lebih dulu.

Namun, bila ada kesempatan dan kamu menyukainya, tak ada salahnya kamu mengambil keputusan yang bisa kamu perjuangkan sebaik-baiknya itu.

Bagaimana? Berani mencoba pindah karier? Atau kamu malah berniat berhenti dan menjadi seorang pengusaha saja?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.