Mau Cari Duit Online? Buruan Coba 5 Cara Ini

Oleh Fitriana Monica Sari pada 23 Des 2018, 21:00 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 15:41 WIB
Transfer uang

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda pernah merasa gaji bulanan pas-pasan atau bahkan kurang? Solusinya tentu saja dengan mencari pemasukan tambahan.

Generasi Millennials pasti sudah tidak asing dengan dunia maya, bukan? Dikutip dari We Are Social, sebanyak 41 persen pengguna media sosial Indonesia mengaku sering menggunakan Facebook, 40 persen sering menggunakan WhatsApp, dan 38 persen sering mengakses Instagram. Hal ini membuktikan bahwa pengguna Internet di Indonesia sudah sangat akrab dengan Media Sosial.

Solusi untuk yang merasa pemasukan rutin bulanan masih sangat pas-pasan adalah dengan mencari pemasukan tambahan. Media online bisa digunakan, lo.

Istilah cari duit online ini tidak hanya identik dengan jualan online. Masih banyak hal-hal lain yang bisa dilakukan, seperti menjadi penulis lepas atau menjadi responden survey.

Dikutip dari TunaiKita, berikut cara cari duit online yang bisa diterapkan untuk mendapatkan pemasukan tambahan.

1. Tenaga Penulis Lepas dengan SEO Friendly

Untuk yang belum tahu, SEO Friendly akan membantu dan meningkatkan traffic kunjungan pada suatu website. Semakin bagus SEO-nya, maka website tersebut akan selalu muncul di halaman pertama Google.

Jika memiliki bakat dan hobi menulis artikel dan memahami SEO Friendly, maka cara ini bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan.

Harga artikel SEO friendly bervariasi. Rata-rata perusahaan asing mau membayar mahal dibandingkan dengan perusahaan lokal. Jika tertarik, bisa mengambil proyek freelance dari Freelancer.co.id, Upwork.co. Guru.com, Projects.co.id, dan Sribulancer.com.

Akan tetapi, jika Anda ingin menjadi penulis lepas tapi tidak memahami SEO Friendly, Anda bisa mempelajarinya dari situs kissmetrics.com atau yoast.com. Tidak satu jalan ke Roma, bukan?

2 of 3

2. Program AdSense

Iklan Digital
(ilustrasi)

AdSense merupakan layanan atau fasilitas yang dimiliki oleh Google untuk menampilkan sebuah website. Iklan tersebut berasal dari orang atau perusahaan yang ingin melakukan promosi melalui Google AdWords berdasarkan kata kunci tertentu.

Jika Anda memiliki website atau blog pribadi, tentu saja Anda bisa mendapatkan pemasukan tambahan melalui cara ini. Anda bisa membuka jasa Google Adsense untuk orang-orang atau perusahaan yang ingin memasang iklan di website atau blog pribadi Anda.

Cara kerjanya cukup mudah. Langkah awal tentu saja harus memiliki website atau blog pribadi dengan beberapa artikel yang sudah dipublish.

Selanjutnya daftarkan blog untuk memasang iklan Adsense. Silakan tunggu e-mail pemberitahuan dari pihak Google Adsense mengenai permohonan akun Adsense apakah diterima atau ditolak. Jika diterima, maka Anda akan menerima bayaran setiap kali iklan yang ada di website atau blog diklik oleh pengunjung halaman website Anda.

3. Responden Survei Online

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk cari duit online adalah dengan menjadi responden survei online. Jangan salah, menjadi responden survei bisa mendatangkan uang, lo.

Jika Anda ingin dan tertarik menjadi responden survei online ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan diri ke beberapa situs survei online yang memberikan bayaran, seperti ViewFruit, YouGov Indonesia, Clixsense, OpinionWorld, GlobalTestMarket, Mobrog, dan SurveyOn.

Setelah selesai mendaftarkan diri, Anda bisa mulai mengisi survei. Dari situ Anda akan mendapatkan poin sebagai reward karena telah mengisi survei online tersebut yang nantinya poin-poin tersebut bisa ditukarkan dengan uang.

3 of 3

4. Social Media Evaluator

[Bintang] Ilustrasi Main Handphone atau Smartphone
Simak 5 hal terbaik yang akan terjadi kalau kamu berhenti main media sosial. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Cara selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan menjadi social media evaluator. Sebagai seorang social media evaluator, Anda diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang memiliki kaitan dengan iklan-iklan atau ads yang tayang di media sosial.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda harus bersedia menyisihkan waktu 4 jam sehari. Sebab sebagai social media evaluator, Anda akan dikirimi 20 iklan setiap harinya dan Anda akan mendapatkan sejumlah uang setelah Anda berhasil menyelesaikan seluruhnya.

5. Jual-Beli Website

Tidak terbatas website yang berisi konten, berbagai jenis website bisa Anda jual. Seperti website layanan, e-commerce dan lain-lain. Website yang bisa Anda jual tentu saja yang sudah memiliki pengunjung serta mampu menghasilkan pemasukan setiap bulan.

Anda bisa memasang harga jual beberapa kali lipat dari penghasilan yang masuk setiap bulan tersebut. Untuk sampai pada proses ini, memang tidak bisa singkat seperti saat membuka jasa pembuatan website. Anda harus melalui beberapa tahapan sebelum menjual sebuah website. Salah satunya monetisasi website terlebih dahulu.

Itu dia 5 cara cari duit online yang bisa diterapkan untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Siapa bilang menggunakan internet hanya akan membuang-buang pulsa atau kuota internet? Justru Anda bisa melakukan hal-hal yang produktif dan mengumpulkan pundi-pundi rupiah dari dunia maya ini.

Semoga membantu!

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by