Sukses

Terkuak, Alasan Kenapa Orang Introvert Bisa Jadi Karyawan Teladan

Berikut alasan-alasan mengapa introvert menjadi asset berharga di dalam sebuah tim

Liputan6.com, Jakarta - Sesuai dengan karakter yang dimiliki, para introvert memang cenderung terlihat lebih pemalu dan tidak banyak bicara.

Akan tetapi, bukan berarti tipe introvert akan kesulitan dalam dunia kerja. Tidak jarang introvert menjadi karyawan terbaik di dalam sebuah perusahaan.

Berikut alasan-alasan mengapa introvert menjadi asset berharga di dalam sebuah tim, seperti dikutip dari TunaiKita:

1. Introvert Selalu Berkata Jujur

Introvert seringkali memiliki pemahaman bahwa berbasa-basi adalah hal yang tidak perlu dilakukan. Dengan kata lain, mereka adalah orang yang straight to the point, selalu langsung membahas inti dari pembicaraan.

Hal ini mungkin akan dianggap tidak sopan bagi beberapa orang. Akan tetapi, introvert bersikap demikian dikarenakan mereka mengharapkan dan juga menghargai kejujuran orang lain.

Jadi, jika kamu membutuhkan feedback jujur akan banyak hal, kamu bisa bertanya dan berdiskusi dengan seorang introvert.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Introvert Selalu Menyaring Informasi

Introvert paling handal untuk hal yang satu ini. Dia hanya akan mendengarkan dan menerima informasi yang menurutnya benar-benar berisi dan memiliki nilai.

Begitu juga pada saat menyampaikan sebuah argumen, introvert akan membuat semua orang mendengarkannya karena mereka hanya akan menyampaikan suatu informasi yang penting dan berguna saja.

3. Introvert Memiliki Kepribadian Unik

Kebanyakan introvert memiliki kepribadian yang unik. Siapa yang tidak mengenal Albert Einstein. Sosok introvert yang satu ini merupakan seorang jenius fisika yang menemukan banyak teori salah satunya teori relativitas.

Akan tetapi, dia berhasil menunjukkan sisi unik dari ke-introvert-annya tanpa harus mengikuti tren yang ada. Einstein berhasil membuat sejarah untuk dunia.

3 dari 4 halaman

4. Introvert Tidak Menyukai Politik

Kejujuran dan ketulusan merupakan dua hal yang selalu dijungjung tinggi oleh para introvert. Maka mereka akan menjauhi hal-hal yang berbau politik dalam lingkungan kantor.

Mereka lebih memilih untuk mengandalkan hasil kerja dan memberikan impact dan kontribusi. Hal tersebut akan menjadi poin lebih bagi pemilik perusahaan yang menginginkan transparansi dan efisiensi dalam lingkup kerja.

5. Introvert Merupakan Pribadi yang Mandiri

Beruntunglah jika Anda bekerja dengan sosok introvert di dalam sebuah tim. Sosok introvert biasanya akan lebih memilih untuk mempelajari tugas-tugas mereka sendiri dan mengerjakan dengan cara mereka sendiri pula.

Mereka juga cenderung mencari suasana yang hening untuk berkonsentrasi mengerjakan tugas-tugasnya. Itu kenapa introvert bisa mengerjakan pekerjaan dengan baik karena mereka bisa menetapkan fokus saat menyelesaikan sesuatu.

4 dari 4 halaman

6. Introvert Loyal dan Bisa Diandalkan

Ada beberapa pemahaman yang salah mengenai introvert, bahwa orang-orang introvert adalah orang yang menjauhi orang lain.

Hal ini tidak perlu terlalu dijadikan masalah karena mereka secara perlahan akan membuat lingkaran mereka sendiri yang berisi orang-orang yang mereka percaya, dan dengan orang-orang ini seorang introvert bisa menjadi sangat setia.

Jadi, jika kamu memiliki seorang introvert dalam tim dan dia merasa senang berada di dalamnya, maka mereka akan bekerja keras untuk memberikan kontribusi untuk membuat perusahaan mencapai kesuksesan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini